Undip Siapkan 1.230 Mahasiswa untuk Bidikmisi

oleh -1 views
catatan-harian-fathan.blogspot.com/
Arrief Ramdhani
catatan-harian-fathan.blogspot.com/
catatan-harian-fathan.blogspot.com/

UNIVERSITAS Diponegoro (Undip) Semarang memberikan bantuan kepada 1.250 mahasiswa miskin. Bantuan pendidikan berupa pembebasan biaya selama menempuh studi di Undip.
Bantuan tersebut berasal dari program bantuan pendidikan miskin berprestasi (Bidikmisi) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Seluruh biaya kuliah dari para penerima beasiswa bidikmisi akan dibiayai penuh oleh pemerintah.

Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Undip Drs. Warsito, SU mengatakan bahwa selain bidikmisi, para mahasiswa juga mendapatkan uang saku selama masa kuliah (delapan semester).

“Para penerima beasiswa bidikmisi ini tidak hanya dibebaskan dari biaya studi, tetapi juga mendapatkan uang saku setiap bulannya Rp600 ribu selama delapan semester,” ujarnya dari rilis yang diterima Okezone, Minggu (26/5/2013).

Lanjutnya, mahasiswa penerima program jalur bidikmisi tahun ini jumlahnya menurun dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Selama 2010-2012, Undip telah menerima mahasiswa dari program jalur bidikmisi ini sebanyak 1.525 mahasiswa dan pada 2013 ini Undip mengajukan 1.250 mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa bidikmisi,” ucapnya.

Dia mengatakan, bahwa beasiswa bidikmisi ini hanya diberikan kepada para calon mahasiswa yang memenuhi kriteria miskin dan berprestasi, serta untuk menghindari agar tidak salah sasaran. Undip melakukan verifikasi data dan survei lapangan pada para calon mahasiswa penerima bidikmisi tersebut.

“Ada beberapa indikator yang kita gunakan untuk para mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi ini di antaranya adalah kondisi rumah, penghasilan orang tua, rekening pembayaran listrik dan air. Diharapkan dengan cara itu maka penyalurannya akan tepat sasaran dan lebih akuntabel,” katanya.

Untuk masuk ke Universitas Diponegoro, calon mahasiswa dapat mengikuti tiga jalur, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan jalur Ujian Mandiri (UM). Kuota dari SNMPTN 50 persen dari total daya tampung, SBMPTN 30 persen, dan UM 20 persen.

Sekretaris LP2MP Undip Ir. Setia Budi Sasongko, DEA., PhD menjelaskan total daya tampung S1 Tahun Akademik 2013/2014 ini, untuk jalur SNMPTN sejumlah 3.966 orang, jalur SBMPTN sejumlah 2.398 orang, dan jalur UM sejumlah 2.398 orang.

“Semoga kualitas calon mahasiswa baru Undip ini di atas rata-rata, sehingga mampu mendukung visi Undip di 2020 yakni menjadi universitas riset yang unggul, baik SDM yang unggul dan alumninya,” ungkapnya.

“Pengumuman SNMPTN akan diumumkan pada 28 Mei 2013, sedangkan untuk pendaftaran ulang bagi yang lulus seleksi akan dilaksanakan pada 18-19 Juni 2013 di Gedung Prof. Soedarto Undip Tembalang,” imbuhnya.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.