UN Jadi Pertimbangan Masuk PTN sebagai Tantangan

oleh -3 views
SNMPTN 2015 (berita.upi.edu)
Arrief Ramdhani
SNMPTN 2015 (berita.upi.edu)
SNMPTN 2015 (berita.upi.edu)

MESKI sudah tidak lagi menjadi syarat kelulusan, hasil ujian nasional (UN) dijadikan sebagai salah satu faktor pertimbangan diterimanya siswa dalam seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN). Hal tersebut membuat siswa tidak bisa meremehkan begitu saja keberadaan UN.

Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti), Ainun Naim menjelaskan bahwa hasil UN akan menjadi faktor pertimbangan siswa dalam SNMPTN. Meski ketentuannya diserahkan kepada rektor, Ainun tetap meyakini betapa pentingnya UN dijadikan sebagai standar.

banner 728x90

“Kita ini negara besar dengan masyarakat yang besar pula, jadi aneh saja kalau tidak mempunyai tes untuk standar pendidikan,” kata Ainun, dalam konferensi pers pemanfaatan hasil ujian nasional sebagai pertimbangan masuk PTN, di Gedung Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Rabu (25/2/2015).

Lebih lanjut, Ainun menjelaskan, ditetapkannya UN sebagai salah satu faktor pertimbangan dalam SNMPTN adalah untuk memberikan tantangan dalam UN itu sendiri. Dirinya juga menyoroti pentingnya suatu presure ditetapkan meski harus dalam level tertentu.

“Artinya, tidak terlalu berat maupun tidak terlalu ringan. Kan enggak ada tantangan enggak baik juga,” ujarnya.

Dalam konferensi pers tersebut, juga diperlihatkan jadwal alur proses UN dan SNMPTN. Adapun jadwal tersebut dilampirkan sebagai berikut:

UN SMA/Sederajat 13-15 April 2015

UN Computer Base Test (CBT) 7-15 April 2015

Pemindaian oleh PTN 16-25 April 2015

Pemrosesan Scoring di Puspendik 26 April-2 Mei 2015

Penyerahan hasil ke PTN 2 Mei 2015

Pengumuman SNMPTN 9 Mei 2015

Pengumuman hasil UN 18 Mei 2015.(news.okezone.com)