UN Berbasis Komputer Masih Banyak Masalah

oleh -4 views
Arrief Ramdhani
cbt2016
uncbt.com

 

PENINGKATAN sistem keamanan pada teknis Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau Computer Based Test (CBT) justru menjadi kendala di beberapa daerah. Pada beberapa kasus, aplikasi ujian tiba-tiba keluar saat mengerjakan soal.

banner 728x90

Hal ini ditemukan dari hasil pelaksanaan uji coba UNBK yang telah berlangsung sebanyak dua kali di sejumlah provinsi. Hal itu dikatakan Kepala Bidang Analisis dan Sistem Penilaian, Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Suprananto. Dia mengatakan, implikasi teknis itu karena peningkatan sistem keamanan menuntut sinkronisasi ulang sistem yang ada di perangkat sekolah.

“Kendala yang ditemukan seperti saat sedang mengerjakan soal tiba-tiba keluar dari aplikasi, itu karena harus ada sinkronisasi ulang saja. Sebenarnya tidak akan menjadi kendala yang berarti jika koordinasi untuk sinkronisasi dilakukan sejak awal,” ujarnya ketika ditemui seusai Dialog Pendidikan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2016 di Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis 10 Maret 2016.

Suprananto menjelaskan, penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online, yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal sekolah. Kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal sekolah secara offline. Selanjutnya, hasil ujian dikirim kembali dari server lokal sekolah ke server pusat secara online dengan cara diunggah.

Dia menjelaskan, tahapan perbaikan sinkronisasi sistem tersebut akan dilakukan pada saat uji coba UNBK ketiga yang akan dilakukan sebelum akhir Maret 2016 ini. Peningkatan sistem keamanan dilakukan sebagai antisipasi agar sistem UNBK tidak bisa dibongkar oleh pihak lain karena sistem semi-online yang baru diterapkan. (pikiran-rakyat.com)