UN 2013 Kesempatan Besar Bagi Calon Mahasiswa

oleh -8 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

UJIAN nasional (UN) tahun ini disebut menjadi kesempatan besar bagi para calon mahasiswa untuk melanjutkan jenjang perguruan tinggi negeri (PTN).
“Tahun ini adalah tahun pertama nilai sekolah (jadi syarat masuk) ke PTN. Jadi kita tidak bikin seleksi buat PTN lagi,” ujar Ketua Majelis Rektor PTN Idrus Paturussi, saat memberikan penjelasan tentang Keabsahan UN 2013 di Ruang DSS, Gedung A lantai 2 Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Senin (29/4/2013).

Menurut Idrus, gambaran tersebut sudah disosialisasikan dari sekolah. Pihak sekolahlah yang menilai kejujuran mereka.

“Kembali lagi ke pihak sekolah, apakah dia jujur menetapkan siswanya ke PTN atau tidak. Sekarang sebetulnya kesempatan besar bagi siswa-siswi yang melanjutkan ke PTN, kalau tidak ada nilai UN bagaimana mau masuk ke PTN? Menguntungkan siswa untuk masuk PTN, karena dari semester satu hingga lima di sekolah begitu lulus langsung masuk ke PTN dengan kualifikasi yang ada,” imbuhnya.

Sebelumnya, hasil awal investigasi yang dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sendiri mengindikasikan ada tiga penyebab kacaunya UN SMA/sederajat 2013.

Menurut Inspektur Jenderal Kemendikbud Haryono Umar, hasil awal investigasi ini adalah terkait siapa yang terlibat dalam kekacauan UN. Sementara itu, investigasi tentang tender percetakan UN masih belum rampung.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.