UKG Digelar Dengan Sistem Online dan Offline

oleh -5 views
Ilustrasi (edukasi.kompas.com)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi (edukasi.kompas.com)
Ilustrasi (edukasi.kompas.com)

UJI Kompetensi Guru (UKG) 2015 akan digelar Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada November mendatang akan berlangsung dengan menggunakan dua sistem. Sistem tersebut adalah sistem online dan offline atau manual.

Santi Ambarukmi, Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Perencanaan Kebutuhan, peningkatan Kualifikasi dan Kompetensi, Direktorat Jenderal Guru dan tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud menjelaskan, UKG 2015 ini memang dimayoritaskan menggunakan sistem online atau berbasis komputer.

banner 728x90

“Sistem online dilaksanakan pada daerah yang terjangkau jaringan internet, dan memiliki ruangan yang berisi perangkat laboratorium komputer yang terhubung dalam jaringan internet,” ujarnya, di Gedung kemendikbud, jakarta, Kamis (15/10/2015).

Sementara itu UKG offline atau manual hanya dilaksanakan pada daerah yang tidak terjangkau jaringan internet dan tidak memiliki ruangan berisi laboratorium komputer yang tidak terhubung internet.

“Dengan mayoritas tes menggunakan online, UKG kali ini lebih efektif dan juga efisien dari segi dana yang dikeluarkan,” tuturnya.

Sebanyak 200 instrumen soal yang berbeda telah disiapkan Kemendikbud untuk UKG 2015 ini. adapun UKG akan berlangsung pada 9-27 november untuk UKG online, sementara UKG offline berlangsung pada 24 November.(pikiran-rakyat.com)