Ujian Tulis SBMPTN 2016 Pakai Sistem Komputer

Sunday 17 January 2016 , 6:54 AM
Ilustrasi(inilahkoran.com)

Ilustrasi(inilahkoran.com)

SELAIN Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) alias jalur undangan, siswa kelas XII bisa menembus pintu kampus negeri melalui ujian tulis dan keterampilan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Tahun ini, panitia SBMPTN 2016 menyiapkan sistem computer based test (CBT) seperti yang dipakai pada Ujian Nasional (UN).

Sistem paper based test (PBT) sendiri masih akan dipakai. Namun, Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI), Herry Suhardiyanto menjelaskan, CBT merupakan metode yang bisa membantu proses seleksi supaya lebih efektif.

“Semua proses, baik CBT atau PBT tetap akuntabel dan menggunakan prinsip integritas. Saya berharap, dapat menghasilkan calon mahasiswa baru yang berpeluang besar untuk menyelesaikan studi,” ujar Herry dalam peluncuran SNMPTN dan SBMPTN 2016 di Kemristekdikti, Jakarta, Jumat (15/1/2016).

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir memaparkan, tes berbasis komputer merupakan salah satu pembaruan dari proses seleksi masuk PTN. Dia menegaskan, pelaksanaan SBMPTN CBT akan menyesuaikan dengan infrastruktur yang tersedia.

“Akan mencoba pada PTN yang memang infrastrukturnya memadai dan layak. Apalagi dalam CBT keamanan data sangat penting,” ucapnya.

Guna mengatasi masalah jaringan yang sering dihadapi pada ujian online, mantan rektor terpilih Universitas Dipenogori (Undip) ini mengklaim, sudah mengantisipasi melalui kerjasama dengan PT Telkom.

“Ya, PT Telkom akan membantu supaya tak ada masalah lagi dalam pelaksanaannya, terutama menyangkut jaringan,” terang Nasir.( news.okezone.com)

 

Comments are closed.