Ujian Sesungguhnya Ada di 20 Paket Soal UN

oleh -4 views
Ilustrasi (lazuardibirru.org)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi (lazuardibirru.org)
Ilustrasi (lazuardibirru.org)

PELAKSANAAN Ujian Nasional (UN) terpantau berjalan lancar memasuki hari ketiga. Kendala pun dinilai tidak ada yang berarti.
Alhamdulillah lancar, dari awal sampai hari ketiga pelaksanaan UN tidak ada kendala dari semua segi aspek seperti naskah soal, lembar jawaban UN (LJUN), dan lain sebagainya,” ungkap Wakil Bidang Humas SMAN 1 Ujang Suherman, S.Pd, kepada Okezone, di SMAN 1 Boedi Oetomo, Jakarta Pusat, Rabu (17/4/2013).

Dalam penerapan 20 paket soal dan LJUN dengan sistem barcode, Ujang mengaku menemukan sistem pembelajaran sesungguhnya dalam sejarah, yaitu UN dengan 20 paket soal.

“Kalau menurut saya mengenai penerapan 20 paket soal dan LJUN barcode, ini merupakan ujian sesungguhnya seperti sekarang ini. Soal yang beda dan standar yang sama,” tutur guru yang mengajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) itu.

Lanjut Ujang, dengan ujian yang sesungguhnya ini, para murid yang mengharapkan bocoran nantinya tidak akan mempunyai pilihan lagi untuk memilih bocoran kunci jawaban.

“Ujian yang sesungguhnya (UN) untuk menepis kebocoran kunci jawaban, karena sebelum UN dilaksanakan sudah ada prediksi mengenai soal-soal dan kunci jawaban di dunia maya,” tukasnya.

Ujang pun sangat dimaklumi jika ada murid galau dalam menghadapi ujian bertaraf nasional ini, tapi rasa itu hilang dalam sekejap saja.

“Anak terbiasa dengan paket secara kesiapan mental, awalnya sebelum UN dilaksanakan para murid galau dengan tingkat yang cukup tinggi. Ketika UN berlangsung, rasa kegalauan tersebut hilang,” paparnya.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.