“Ujian Nasional Tahun Ini Luar Biasa”

oleh -2 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

PELAKSANAAN Ujian Nasional (UN) tahun ini memiliki warna tersendiri tidak hanya siswa SMA sederajat tetapi juga di mata orangtua. Salah satunya 20 seri soal UN dan polisi di sekitar lokasi ujian, telah membuat orangtua ikutan stres.

“UN tahun ini luar biasa yaa, ada 20 paket soal. Saya berdoa, sebelum UN juga kita ada sembahyang bersama di tempat ibadah,” ujar I Gusti Ayu Laksmi, ibu dari Mita siswa jurusan IPS, SMAN 112 Jakarta Barat, kepada Okezone, Rabu  (16/4/2014).

Namun dia meyakini, anaknya telah dipersiapkan dengan baik. Sebab, Mita telah diikutsertakan pada bimbingan belajar sejak kelas 1 SMA. Dia juga telah membelikan sejumlah buku ujian untuk anaknya berlatih. “Selain itu memastikan Mita cukup tidur dan sarapan. Saya juga membawakan bekal untuk jam istirahat,” imbuhnya.

Hal senada juga dilakukan Rita Laksmitasari. Ibunda dari Dyah Alya Gretiana, jurusan IPS SMA Islam Al Azhar 3, ini terus melakukan support baik doa dan terus berusaha  membuat psikologi anaknya bahagia. Dyah selalu dipersiapkan makanan yang sehat, tidak pedas dan asam, tidur yang cukup, dan mendampingi jam malam.

“Itu untuk mengejar target UN dapat hasil yang maksimal. Karena tahun ini nilai UN jadi salah satu indikator (selain rapor selama 5 semester) untuk seleksi SNMPTN (jalur undangan),” harapnya.

Kedua ibu ini mengaku bersyukur, karena Mita dan Dyah bisa menjalankan UN hari pertama dan kedua dengan baik. Kendati demikian, keduanya berharap dapat melanjutkan UN di hari ketiga tanpa halangan.  “Intinya tidak membuat anak stres atau takut, karena ada juga pengamanan UN berseragam polisi,” ujar Rita.

Baik I Gusti Ayu Laksmi, maupun Rita Laksmitasari berpesan agar anaknya dan seluruh peserta UN untuk tidak lupa berdoa, teliti dalam mengerjakan soal, cukup istirahat, membuat hati gembira, percaya diri. “Ga perlu ngotot belajar, cukup buka buku ringkasan saja karena sudah beberapa bulan ini persiapan matang. Orangtua harus terus mendampingi selama hari-hari UN,” saran Rita.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.