Ujian Nasional Melatih Kejujuran

oleh -1 views
Ilustrasi (edukasi.kompas.com)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi (edukasi.kompas.com)
Ilustrasi (edukasi.kompas.com)

 MESKI  terus menjadi kontroversi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memiliki misi khusus dengan tetap menggelar ujian nasional (UN). Mereka bertekad melatih siswa Indonesia untuk jujur.

Menurut Inspektur Jenderal Kemendikbud Haryono Umar, UN adalah hajatan penting bagi siswa-siswi Indonesia. Melalui UN, generasi penerus bangsa itu dilatih untuk berlaku jujur.

“Bahkan, tidak hanya peserta UN, latihan kejujuran ini juga berlaku untuk guru atau pengawas UN. Semua demi mencapai tujuan yang baik,” kata Haryono, saat Konferensi Pers Persiapan UN 2013, di Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Jumat (5/4/2013).

Demi menjaga tujuan-tujuan yang baik itulah, kata Haryono, perlu ada upaya-upaya pencegahan kecurangan. Tuntunan ini pun dituangkan dalam standar operasional dan petunjuk aturan teknis tentang UN.

“Kita ingin semua proses UN berjalan baik dan lancar,” imbuhnya.

UN 2013
 akan diawali dengan UN tingkat SMA/sederajat pada 15-18 April 2013. Tahun ini, pemerintah akan menerapkan 20 paket soal UN untuk mencegah kecurangan dan kebocoran soal.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.