UGM Borong Lima Medali, UNY Satu Medali di ON MIPA 2013

oleh -11 views
Universitas Gajah Mada (www.mappijatim.or.id)
Arrief Ramdhani
Universitas Gajah Mada (www.mappijatim.or.id)
Universitas Gajah Mada (www.mappijatim.or.id)

TIM mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta berhasil meraih lima medali sekaligus di ajang Olympiade Nasional MIPA bidang biologi 2013. Sementara Universitas Negeri Yogyakarta hanya berhasil meraih satu mendali di ajang tersebut.
Lima mendali UGM di ajang ON MIPA 2013 tersebut dipersembahkan Astia Rizki Safitri dan Rudi Nirwantono dari Fakultas Biologi. Keduanya memperoleh medali emas.

Selain itu, Matin Nuhamunada dari Fakultas Biologi mempersembahkan satu medali perak dan Ali Muharom dari Fakultas Biologi serta Ahmad Sukron dari Fakultas Pertanian keduanya memperoleh Honorable Mantion.

banner 728x90

“Ini bukti bahwa tim kita memang memiliki kualitas yang unggul,” kata Rudi Nirwantono, Ahad (16/6).

Menurut dia, pada babak final diajang tersebut, tim UGM menyisihkan 63 peserta dari 26 perguruan tinggi se-
Indonesia. Di babak final mereka harus mengerjakan sejumlah soal esai yang meliputi beberapa topik, seperti genetika, Biologi cell dan molekuler, tumbuhan dan hewan, mikrobiologi, ekologi dan etologi.

ON MIPA 2013 sendiri, kata dia, diikuti 3.279 orang mahasiswa. Selain Biologi, bidang ilmu lain yang diperlombakan, yaitu Matematika, Kimia dan Fisika.

Sementara satu medali buat UNY di ajang tersebut diraih Nurdiyah Ika Hidayati, mahasiswa dari Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY. Mahasiswi ini meraih medali perunggu.

Menurut Nurhidayah, di ajang tersebut UNY sebenarnya diwakili 4 mahasiswa. Mereka adalah Ginanjar Winar Putra, Purwoko Haryadi Santoso (Jurusan Pendidikan Fisika), Sri Rejeki Dwi Astuti (Jurusan Pendidikan Kimia), dan Nurdiyah Ika Hidayati (Jurusan Pendidikan Biologi). Namun dari keempat wakil tersebut hanya dirinya yang memperoleh medali.(republika.co.id)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.