UGM Bertahan Jadi Situs Tereksis se-Indonesia

Monday 17 February 2014 , 0:56 AM
situs ugm.ac.id

Situs Universitas Gajah Mada

SITUS Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta kembali dinobatkan sebagai situs terpopuler nomor wahid se-Indonesia. Ranking tersebut diberikan berdasarkan pemeringkatan Webometrics versi Januari 2014.

Peringkat kedua dan ketiga juga tidak mengalami perubahan. Baik Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Indonesia tetap setia menghuni ranking dua dan tiga.

Kemudian, Universitas Airlangga (UA) Surabaya sukses meroket ke posisi empat dari ranking 10 pada pemeringkatan sebelumnya. Kesuksesan tersebut juga diikuti oleh Universitas Padjadjaran (Unpad) yang berhasil naik empat peringkat dan kini menghuni ranking lima.

Di peringkat enam, terdapat kampus asal Malang, yakni Universitas Brawijaya (UB) yang bergeser satu peringkat dari posisi sebelumnya. Sementara di peringkat tujuh dihuni kampus asuhan Sudharto P Hadi, yakni Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

Berlanjut ke posisi delapan, terdapat kampus asal Kota Hujan, yaitu Institut Pertanian Bogor (IPB). Kampus asuhan Herry Suhardiyanto itu harus puas turun satu peringkat dari posisi sebelumnya. Hal serupa juga dialami Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang terpeleset satu peringkat dan kini menghuni posisi sembilan.

Pada peringkat 10, terdapat satu-satunya kampus swasta yang berhasil masuk ke dalam jajaran 10 besar di Indonesia, yakni Universitas Gunadarma (UG). Kampus yang terkenal akan jurusan Teknik Informatika itu harus merosot enam peringkat dari posisinya pada Januari 2013.

Webometrics memiliki empat indikator utama dalam melakukan penilaian. Pertama presence sebesar 20 persen, kemudian impact 50 persen, openness sebesar 15 persen, dan 15 persen sisanya berasal dari excellence 15 persen.

Parameter excellence mengukur jumlah artikel-artikel ilmiah publikasi dan jumlah sitasi perguruan tinggi yang bersangkutan di jurnal internasional yang terindeks di Scimago Institution Ranking (2004-2012) dan di Google Scholar (2008-2012). Publikasi di Scimago termasuk di dalamnya adalah publikasi-publikasi ilmiah yang terindeks di Scopus.

Kemudian, indikator presence melihat jumlah halaman website (html) dan halaman dinamik yang tertangkap oleh mesin pencari (Google), tidak termasuk rich files. Impact merupakan jumlah eksternal link yang unik (jumlah backlink) yang diterima oleh domain web universitas (inlinks) terindeks di mesin pencari yang tertangkap di Majestic SEO dan Ahref.

Terakhir, indikator opennes menghitung jumlah file dokumen (Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc,.docx) and Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx) yang online/open di bawah domain website universitas yang tertangkap oleh mesin pencari (Google Scholar).

Berikut peringkat 10 besar situs kampus terpopuler di Indonesia, seperti dikutip dari laman Webometrics, Minggu (16/2/2014).

1. Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta
2. Institut Teknologi Bandung (ITB)
3. Universitas Indonesia (UI)
4. Universitas Airlangga (UA) Surabaya
5. Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung
6. Universitas Brawijaya (UB) Malang
7. Universitas Diponegoro (Undip) Semarang
8. Institut Pertanian Bogor (IPB)
9. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya
10. Universitas Gunadarma (UG).(kampus.okezone.com)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.