UGM Bertahan Jadi Kampus Ngetop Se-Indonesia

oleh -1 views
Universitas Gajah Mada (www.mappijatim.or.id)
Arrief Ramdhani
Universitas Gajah Mada (www.mappijatim.or.id)
Universitas Gajah Mada (www.mappijatim.or.id)

LEMBAGA 4 International College and University (4ICU) kembali melansir pemeringkatan universitas terbaik di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Dalam pemeringkatan Juli 2013, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta tetap mengukuhkan diri di peringkat pertama se-Tanah Air.

Menemani UGM di tiga besar, terdapat Universitas Indonesia (UI) di tempat kedua, bertukar tempat dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) yang harus puas berada di peringkat ketiga. Demikian, seperti disitat dari laman4icu.org, Rabu (17/7/2013).

Beranjak ke posisi empat, terdapat pendatang baru. Dari peringkat 15 pada Januari lalu, kampus swasta asal Kota Gudeg, yakni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, menanjak tajam ke ranking empat dari peringkat 15.

Pendatang baru juga hadir pada peringkat lima, yakni Universitas Kristen Petra Surabaya. Sementara di ranking enam terdapat kampus asal Kota Kembang, yakni Universitas Padjadjaran (Unpad), yang naik tujuh peringkat dari posisi sebelumnya.

Kemudian, Universitas Brawijaya (UB) Malang harus turun tiga peringkat dan kini menghuni posisi tujuh. Sedangkan Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta masih tetap menempati peringkat delapan.

Di urutan kesembilan, terdapat Universitas Diponegoro (Undip) Semarang yang terpaksa turun dua peringkat dari posisi sebelumnya. Kemudian, menutup jajaran 10 besar universitas terbaik se-Indonesia, terdapat pendatang baru, yakni Universitas Sumatera Utara (USU).

4ICU melakukan pemeringkatan terhadap 11 ribu universitas yang diakui, terlisensi, dan terakreditasi oleh kementerian pendidikan di negaranya. Penilaian dilakukan pada universitas-universitas di lebih dari 200 negara di seluruh dunia.

Pemeringkatan tersebut didasarkan pada popularitas perguruan tinggi di dunia internet. Selain itu, juga dilakukan penilaian terhadap kekayaan produk akademik, staf pengajar, dan publikasi yang diterbitkan.

Penilaian 4ICU merupakan pemeringkatan berdasarkan popularitas website menurut perhitungan algoritma dari tiga web metriks yang diekstrak dari tiga search engine, yaitu Google Page RankAlexa Traffic Rank, dan Majestic SEO.

Berikut urutan 10 besar kampus terbaik se-Indonesia versi 4ICU periode Juli 2013.
1. Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta
2. Universitas Indonesia (UI)
3. Institut Teknologi Bandung (ITB)
4. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)
5. Universitas Kristen Petra Surabaya
6. Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung
7. Universitas Brawijaya (UB) Malang
8. Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta
9. Universitas Diponegoro (Undip) Semarang
10. Universitas Sumatera Utara (USU).(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.