Kematian Pertama Akibat Wabah Ebola Tercatat di Uganda

Neli Krismawati

Penulis : Neli Krismawati
Editor : Asop Ahmad

0

0

Trending
1666153647129_1666153656

Petugas Kesehatan yang Menangani Pasien Ebola

SIAPBELAJAR.COM - Kementerian Kesehatan telah mengkonfirmasi bahwa seorang pasien Ebola telah meninggal di sebuah rumah sakit di ibukota Uganda.

Dia adalah korban ke-19 dalam wabah virus mematikan saat ini, namun menjadi yang pertama meninggal di Kampala.

Terdapat 54 kasus yang dikonfirmasi di Uganda tetapi tidak ada kasus lain yang tercatat di kota itu. 20 orang telah pulih termasuk 5 petugas medis dari rumah sakit pertama tempat sebuah kasus dirawat. Mereka dipulangkan pada hari Selasa.

Orang yang meninggal di Kampala tersebut sudah diketahui pihak berwenang berpotensi kontak dengan virus tersebut.

Sekilas Mengenai Pasien yang Meninggal Akibat Ebola

Dia berasal dari luar kota, namun Menteri Kesehatan, Dr Jane Ruth Aceng mengatakan bahwa pria tersebut kabur dari desanya, menyamarkan identitasnya dan mengunjungi tabib di daerah yang berbeda.

Dia meninggal di Rumah Sakit Rujukan Nasional Kiruddu pada Jumat lalu, namun kematiannya baru saja dikonfirmasi.

Dr Aceng mengatakan bahwa tim yang merawatnya waspada terhadap bahaya dan telah melindungi diri, karena pasien tiba di rumah sakit dalam keadaan sakit parah.

Sebanyak 42 orang yang mungkin berhubungan dengannya telah diidentifikasi dan sedang ditindaklanjuti.

Ebola menyebar di antara manusia melalui kontak langsung dengan cairan tubuh dan lingkungan yang terkontaminasi. Pemakaman bisa menjadi risiko khusus jika pelayat melakukan kontak langsung dengan jenazah.

Dr Aceng menambahkan bahwa saat ini tidak ada kasus Ebola lain yang dikonfirmasi di Kampala meskipun kota dan kabupaten sekitarnya dianggap berisiko tinggi.

Mengenai Wabah Ebola di Distrik Mubende

Wabah dimulai pada bulan September di distrik Mubende, 80km (50 mil) barat ibukota. Seorang pria berusia 24 tahun menjadi kasus kematian Ebola pertama yang diketahui dan 6 anggota keluarganya juga meninggal.

Sebanyak 4 petugas kesehatan juga termasuk di antara para korban, termasuk seorang dokter dari Tanzania.

Kurangnya Alat Pelindung Diri

Sebelumnya, petugas medis menyatakan keprihatinan tentang kurangnya alat pelindung diri (APD) yang memadai seperti sarung tangan dan masker. Mereka juga menyerukan agar Mubende melakukan karantina.

Namun, Presiden Yoweri Museveni mengesampingkan pembatasan dan mengatakan bahwa Ebola tidak menyebar seperti virus korona, karena Ebola ini bukan penyakit yang ditularkan melalui udara.

Belum Ada Vaksin Ebola

Belum ada vaksin Ebola yang efektif, karena strain Sudan yang beredar di Uganda tengah berbeda dengan strain Zaire yang menyerang Afrika Barat dan Republik Demokratik Kongo dan yang dapat diimunisasi.

Para ahli mengatakan tidak realistis untuk berpikir bahwa Ebola dapat diberantas, namun dengan tindakan cepat dan pelacakan kontak yang efektif maka akan lebih mudah untuk mencegah adanya krisis.

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1674097822271_1674097744

Share and Care

4 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan

SIAPBELAJAR.COM - Di Indonesia, daun pandan seringkali dimanfaatkan sebagai pewarna dan pewangi alami untuk berbagai jenis masakan. Selain itu, daun pandan juga sering dimasukkan ke dalam infused
index_1673920167

Share and Care

Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan*Manfaat jeruk nipis sudah terbukti bagi tubuh. Baik untuk kesehatan maupun dalam hal kecantikan. Meskipun memiliki rasa yang asam, kandungan di dalam jeruk nipis mem
1673652663432_1673652540

Share and Care

5 Manfaat Bengkuang Bagi Kesehatan

SIAP BELAJAR.COM - Bengkoang merupakan salah satu tanaman yang banyak ditemukan di Indonesia. Selain rasanya yang nikmat, buah ini juga kaya manfaat. Manfaat bengkoang ini mulai dari melancarkan pence
1672581874916_1672582041

Keluarga

Beragam Manfaat Gula Aren Bagi Kesehatan

SIAPBELAJAR.COM - Gula aren yang khas dengan warna cokelat gelap dan rasa manis yang pekat. Berbeda dengan jenis gula lainnya yang terbuat dari tebu, gula aren terbuat dari nira atau cairan sari pati
1669094597266_1669094581

Share and Care

5 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

SIAPBELAJAR.COM - Green tea atau teh hijau masih digemari banyak orang sampai saat ini. Bukan hanya diolah menjadi minuman, jenis teh tersebut juga digunakan untuk membuat berbagai macam camilan, s