PKM Awards Kemendikbud : ITS Masuk Kampus Terbaik 2022

Udan Muhdiana

Penulis : Udan Muhdiana
Editor : Danang Hamid

0

0

Trending
1663813829949_1663814059

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil meraih penghargaan perguruan tinggi kategori Manajemen Pengelolaan Terbaik se

SIAPBELAJAR.COM - Direktorat Jenderal Pendidikan , Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) resmi mengumumkan pemenang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Awards 2022 melalui laman Instagramnya @ditjen.dikti, pada Rabu (21/9/2022).

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil meraih penghargaan perguruan tinggi kategori Manajemen Pengelolaan Terbaik secara Nasional.

Dilansir dari laman Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur, ITS menggunakan parameter keberhasilan PKM di tahun sebelumnya. Di antaranya dengan berfokus pada indikator pelaksanaan PKM terbaik, perguruan tinggi terbaik dalam pengelolaan, salah satu dosenjuga mendapatkan penghargaan sebagai Dosen Pendamping Terbaik dengan lima proposal didanai, dan mahasiswa dengan presentasi laporan terbaik.

Pada 2022 ini, ITS mendapat kuota 400 proposal untuk delapan bidang, 50 untuk artikel ilmiah, dan 50 untuk Gagasan Futuristik Konstruktif (GFK).

Direktur Kemahasiswaan ITS, Dr. Imam Abadi ST MT menilai bahwa PKM merupakan upaya untuk mendukung mahasiswa melatih dan menuangkan ide melalui tulisan, kemudian merealisasikan dengan karya inovasi.

Hal tersebut menjadi sebuah kesempatan bagi mahasiswa mengikuti kompetisi populer dan berkolaborasi dengan tim.

“Dapat meraih perguruan tinggi terbaik merupakan hal yang bergengsi karena di sini kita bersaing dengan perguruan tinggi favorit lainnya,” ungkap Imam.

Kali ini ITS juga kembali menempati peringkat ketiga proposal terbanyak yang berhasil lolos didanai dengan jumlah 59 proposal. ITS pun bisa mengisi semua kuota pada bidang yang disediakan oleh PKM. Selain itu, ITS juga patuh terhadap pelaporan kemajuan PKM.

“Hal ini yang menjadikan ITS terpilih sebagai pelaksanaan PKM terbaik,” ucapnya bangga.

Imam juga menyebut bahwa Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) ITS mengeluarkan upaya yang maksimal dalam mendukung mahasiswanya. Ditmawa melakukan pembinaan sistematis mulai dari sosialisasi PKM, workshop, dan klinik penulisan proposal.

Pengadaan workshop memberikan pencerahan mahasiswa akan pentingnya PKMuntuk melatih kemampuan ilmiah dan berpikir cerdas. Selain itu, pembimbingan klinik penulisan proposal PKM juga mewadahi, menampung, dan memotivasi mahasiswa guna mengunggah proposal PKM.

Adapun alur dalam mengikuti ajang PKM tersebut dimulai dari tahap internal ITS. Sebelum berkecimpung pada PKM nasional, ITS mengadakan liga PKM skala institut untuk menggalang proposal mahasiswa.

Universitas menggalang 1.400 proposal mahasiswa ITS, lalu dilakukan proses penilaian serta bimbingan hingga ditemukan pemenang untuk proposal terbaik. Pelaksanaan secara luring dinilai memudahkan mahasiswa dalam melakukan wawancara, merealisasikan ide, dan melakukan uji coba.

Dengan pencapaian dan keberhasilan itu, dosen Teknik Fisika ITS tersebut mengajak mahasiswa agar terus melanjutkan prestasi di kampus ITS dalam PKM. Imam menegaskan bahwa capaian prestasi PKM ITS tahun 2022 tidak luput atas kontribusi seluruh komponen ITS.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada komandan Satgas PKM, dosen pembimbing dan pendamping, Tim Koordinator Kemahasiswaan (TKK), dan seluruh unit di ITS baik yang terlibat langsung maupun tidak langsung,” tuturnya.

Dia juga berharap agar ITS tetap menjadi yang terbaik di kancah PKM dan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) dengan semakin banyaknya proposal yang didanai, lolos Pimnas, dan mendapatkan medali emas.

Daftar perguruan tinggi terbaik pada PKM awards 2022

Perguruan tinggi terbaik klaster 1

  1. Universitas Gajah Mada (UGM)
  2. Institut Pertanian Bogor (IPB)
  3. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

Perguruan tinggi terbaik klaster 2

  1.  Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
  2. Universitas Negeri Medan (Unimed)
  3. Universitas Sumatera Utara (USU)

Perguruan tinggi terbaik klaster 3

  1. Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi (STIFAR)
  2. Universitas Muria Kudus (UMK)
  3. Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksa)

Perguruan tinggi terbaik klaster 4

  1. Iniversitas Sari Mulia
  2. Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta
  3. Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP)

Perguruan tinggi terbaik klaster 5

  1. Universitas Muhammadiyah Bone
  2. Institut Bio Scientia Internasional Indonesia
  3. Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  4. Institut Teknologi Sains dan Kesehatan PKU Muhammadiyah Surakarta
  5. Universitas Maarif Hasyim Latif
  6. Universitas Cokroaminoto Palopo
Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1663813829949_1663814059

Trending

PKM Awards Kemendikbud : ITS Masuk Kampus Terbaik 2022

SIAPBELAJAR.COM - Direktorat Jenderal Pendidikan , Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) resmi mengumumkan pemenang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Awards 2022 melalui laman Instagramnya @ditj
1660171951280_1660171990

Belajar

Hasna, Mahasiswa Termuda di ITS 2022

SIAPBELAJAR.COM- Hasna Nur Shadrina dinobatkan sebagai mahasiswa termuda pada pengukuhan Mahasiswa Baru Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) tahun akademik 2022/2023, Selasa (9/8).Dilansir dari s
1656408881965_1656408891

Keluarga

ITS Rancang Inovasi Gerakan Seribu Tangan Palsu

SIAPBELAJAR.COM - Karya inovatif yang sangat bermanfaat bagi masyarakat kembali dihasilkan oleh sivitas akademika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Sebuah inovasi pembentukan ekosistem masyar