Sorgum Alternatif Pengganti Beras

Lusi Yulia Irfani

Penulis : Lusi Yulia Irfani
Editor : Asop Ahmad

0

0

Trending
1660569990512_1660570191

Alternatif Pengganti Beras

SIAPBELAJAR.COM - Bahan makanan pokok sebagian besar orang Indonesia adalah beras. Tapi, Terdapat banyak sumber serealia.

Selain beras, ada juga sorgum yang dikenal memilik kadar serat yang lebih tinggi dibanding beras. 

Sorgum merupakan tanaman serealia yang bentuk tanamannya tinggi seperti jagung. Tanaman ini dapat tumbuh pada berbagai keadaan lingkungan sehingga potensial dikembangkan, khususnya pada lahan marginal beriklim kering di Indonesia.

Biji sorgum masuk dalam jenis biji-bijian sereal. Bentuk tanamannya mirip dengan jagung. Tanaman ini aslinya dari Afrika. Oleh karena itu, sebagian besar pengonsumsinya adalah warga Afrika.

Tapi, produsen sorgum terbesar di dunia adalah Amerika Serikat. Di sana, sorgum sering dijadikan bahan pembuatan sirup dan bahan pengganti tepung gandum.

Di Indonesia, sorgum sudah lama dikenal oleh warga Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Di Flores, NTT, sudah banyak petani yang mengenal dan menanam sorgum sejak dulu.

“Di Flores itu ada banyak nama lokal sorgum. Hal ini adalah bukti kalau tanaman ini sudah lama dikenal,” ungkap petani dari Adonara, Flores Timur bernama Maria Loretha.

Di daerah lain di Indonesia, termasuk di Jawa, sorgum sebenarnya juga sudah dikenal. Tapi, penyebutannya bukan sorgum. Di Jawa Barat misalnya, sorgum lebih dikenal sebagai gandrung.

Disiapkan

Belakangan ini pemerintah memang sedang menggalakkan penanaman sejumlah bahan makanan alternatif pengganti beras. Alasannya demi mengantisipasi kemungkinan terjadinya krisis pangan akibat pemanasan global. Pemanasan global tersebut sudah cukup untuk menurunkan produksi sejumlah pangan dunia dengan signifikan.

Sorgum disebut-sebut bisa jadi alternatif bagi penurunan produksi sejumlah bahan pangan tersebut karena kemampuannya yang sangat efektif dalam menyerap air.

“Saat tanaman lain layaknya padi atau jagung sulit tumbuh, sorgum bisa tetap tumbuh dengan subur,” ucap Kepala Desa Kawalelo, Kecamatan Demon Pagong Flores Timur, Paulus Iki Kola.

Lantas, seperti apa sih makanan hasil olahan sorgum? Karena termasuk dalam biji sereal, kamu pun bisa membayangkan sejumlah makanan sereal yang sudah populer sebelumnya. Sorgum juga bisa dijadikan makanan manis dan gurih, kolak, susu, dan lain-lain.

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1661570554777_1661570578

Ekonomi

Mentan SYL Panen Sorgum di Kabupaten Lamongan

SIAPBELAJAR.COM - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) bersama Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi melakukan panen sorgum di Kecamatan Sugio, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Senin, 22 Agust
1660569990512_1660570191

Trending

Sorgum Alternatif Pengganti Beras

SIAPBELAJAR.COM - Bahan makanan pokok sebagian besar orang Indonesia adalah beras. Tapi, Terdapat banyak sumber serealia. Selain beras, ada juga sorgum yang dikenal memilik kadar serat yang lebih ting
1659359913753_1659359952

Keluarga

Apa itu Beras Analog?

SIAPBELAJAR.COM - Beras Analog merupakan pangan alternatif pengganti beras, berbentuk mirip dengan butiran beras asal padi.  Beras Analog dibuat di industri dengan memanfaatkan bahan-bahan pangan