Jerman Tolak Paspor Indonesia

Lusi Yulia Irfani

Penulis : Lusi Yulia Irfani
Editor : Danang Hamid

0

0

Trending
1660472137103_1660472334

Paspor Indonesia

SIAPBELAJAR.COM - Ramai keluhan warga negara Indonesia (WNI) karena paspornya ditolak oleh kedutaan besar Jerman (11/8). Kedutaan besar Jerman menyampaikan bahwa paspor baru Indonesia tidak sesuai aturan internasional karena tidak memiliki kolom tanda tangan pemegang paspor di halaman paling belakang. 

Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM pun buka suara perihal keluhan tersebut pada Jumat (12/8). 

"Ditjen Imigrasi menyampaikan permohonan maaf atas permasalahan ini yang berdampak secara langsung kepada masyarakat yang sedang mengajukan visa Jerman atau visanya sudah terbit, tapi tidak bisa berangkat ke Jerman," kata Subkoordinator Humas Ditjen Imigrasi Achmad Nur Saleh dalam siaran pers, Jumat (12/8).

Saat ini Ditjen Imigrasi tengah berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri (Kemlu). Achmad mengatakan bahwa Ditjen Imigrasi berkoordinasi dengan Kemlu untuk membahas penolakan paspor Indonesia tersebut dengan Kedubes Jerman di Jakarta.

"Saat ini tim dari Ditjen Imigrasi tengah berkomunikasi dengan Kementerian Luar Negeri untuk membahas permasalahan tersebut dengan Kedutaan Jerman di Jakarta," ungkap dia.

Achmad melanjutkan, Ditjen Imigrasi akan segera menyampaikan hasil keputusan terkait permasalahan ini.

"Ditjen Imigrasi akan menyampaikan hasil keputusan maupun solusi atas permasalahan ini kepada masyarakat dalam waktu secepatnya," kata Achmad.

Lebih lanjut Achmad menjelaskan bahwa desain paspor RI yang terbaru merujuk kepada Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor M.HH-01.GR.01.03.01 Tahun 2019 tentang Spesifikasi Teknis Pengamanan Khusus Paspor Biasa dan Surat Perjalanan Laksana Paspor. Desain paspor baru ini tidak memiliki kolom tanda tangan pemegang paspor.

"Perbedaan dengan desain paspor RI yang lama di antaranya yaitu tidak adanya kolom tanda tangan pemegang paspor," ujarnya.

Keluhan WNI 

Sebelumnya, ramai keluhan warga negara Indonesia (WNI) yang paspornya ditolak oleh Kedutaan Besar Jerman karena tidak valid. Kedubes Jerman pun memberikan penjelasan terkait hal ini.

Keluhan para WNI yang hendak pergi ke Jerman itu ramai di Twitter. Mereka mengaku paspornya ditolak lantaran dianggap tak sesuai dengan aturan internasional.

Sementara itu, Kedubes Jerman di Jakarta melalui situs resminya menjelaskan terkait masalah ini. Penolakan terhadap paspor Indonesia disebabkan karena tidak adanya kolom tanda tangan.

"Mulai saat ini paspor Indonesia tanpa kolom tanda tangan tidak dapat diproses. Perihal ini sedang diperiksa dengan kerja sama antara instansi pemerintah Jerman dan Indonesia yang berwenang. Sampai dengan keterangan lebih lanjut saat ini Kedutaan Jerman di Indonesia tidak dapat menerima paspor tanpa kolom tanda tangan untuk pemrosesan permohonan visa," kata Kedubes Jerman, Jumat (12/8).

Kedubes Jerman menjelaskan bahwa kolom endorsement tidak diakui sebagai pengganti kolom tanda tangan.

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1661765297662_1661765322

Belajar

Jerman, Salah Satu Negara Terbaik di Dunia untuk Pendidikan Tinggi

SIAPBELAJAR.COM - Siswa dari seluruh dunia telah menempatkan Jerman sebagai salah satu negara terbaik secara global untuk pendidikan tinggi. Survei tersebut mengungkapkan bahwa Berlin adalah kota t
1661503456882_1661503497

Ekonomi

Peningkatan Biaya untuk Mengajukan Permohonan Visa Belajar di Jerman

SIAPBELAJAR.COM - Pihak berwenang Jerman telah meningkatkan jumlah uang yang harus disimpan dalam rekening bank yang dibekukan/blocked bank account di Jerman agar siswa dapat memenuhi kondisi keuan
1660790522780_1660790542

Belajar

Peningkatan Jumlah Mahasiswa Doktoral di Jerman

SIAPBELAJAR.COM - Kantor Statistik Jerman Destatis mengungkap bahwa terdapat peningkatan sebesar 4% jumlah siswa yang mengejar studi doktoral. Hal tersebut tercatat di Institusi Pendidikan Tinggi J
1660722264055_1660722275

Belajar

Jumlah Siswa Dengan Bantuan BAföG di Jerman Meningkat

SIAPBELAJAR.COM - Untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun, jumlah orang yang menerima bantuan keuangan untuk menghadiri pelatihan atau pendidikan di bawah Undang-Undang Bantuan Pelatihan Federal
1660472137103_1660472334

Trending

Jerman Tolak Paspor Indonesia

SIAPBELAJAR.COM - Ramai keluhan warga negara Indonesia (WNI) karena paspornya ditolak oleh kedutaan besar Jerman (11/8). Kedutaan besar Jerman menyampaikan bahwa paspor baru Indonesia tidak sesuai atu