Menteri BUMN Erick Thohir Berhasil Luncurkan MetaNesia Bersama TELKOM

Udan Muhdiana

Penulis : Udan Muhdiana
Editor : Danang Hamid

0

0

Trending
1659577000104_1659577030

Menteri Badan Usaha Milik Negera (BUMN), Erick Thohir Saat Menjajal Produk Baru Telkom, MetaNesia

SIAPBELAJAR.COM - Menteri BUMN Erick Thohir berhasil mengintrodusir ekosistem metaverse yang dibuat oleh PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk bernama Metanesia. Ekosistem metaverse ini merupakan yang pertama ada di Indonesia Keberhasilan Erick menciptakan ekosistem metaverse ini diapresiasi penuh oleh Syahrul Ramadhani selaku Koordinator Bidang UMKM dan Bisnis, Penggerak Milenial Indonesia (PMI).

Erick menilai kehadiran MetaNesia merupakan bentuk komitmen Telkom dalam mendukung akselerasi digitalisasi Indonesia. Erick menyebut MetaNesia ini bisa menjangkau banyak sektor dengan digital.

"Di MetaNesia ini pengguna bisa konsultasi lewat layanan Biofarma secara live di dunia metaverse, hingga belanja di Perhutani dan PTPN," lanjut Erick.

Erick Thohir mengaku optimistis, pengunjung MetaNesia mencapai 20 juta orang per bulan. MetaNesia merupakan dunia virtual (metaverse) yang digagas oleh PT Telkom Indonesia Tbk,.

MetaNesia ini bisa dimanfaatkan masyarakat. Tercatat ada beberapa produk yang disediakan dalam platform digital tersebut. Di mana, MetaNesia menyuguhkan konser virtual dengan menampilkan para musisi tanah air, pengunjung yang berada di tempat berbeda di dunia nyata, bisa bersama-sama menonton konser dan berinteraksi secara virtual layaknya di dunia nyata.

Lalu ada virtual commerce. Di dalam dunia metaNesia juga menyediakan plaza sebagai tempat orang untuk berbelanja. Pelaku-pelaku bisnis pun bisa berjualan di sana. 


"Kita sudah buktikan. Buktinya bisa kok, produk kita, UMKM kita, kalau kurasi dengan baik, sekarang pengunjungnya yang datang 5 juta. Apalagi ini (MetaNesia) saya gak tau nih, 1 bulan bisa 20 juta nantinya, asal produk-produknya unik," ungkap Erick.

Untuk menggaet pengunjung, Erick meminta Dewan Direksi Telkom Indonesia menggagas produk lain yang unik dan berbeda. 

"Jadi saya berharap Telkom juga jangan membuat produk yang generik yang seperti biasa saja. Karena sudah banyak di tempat lain di dunia lain juga sedang membuat, tapi bagaimana di dunia baru MetaNesia ini unik, sesuatu yang berbeda dengan dunia lain," katanya. 

Erick: MetaNesia sebagai wajah baru dunia digitalisasi di Indonesia.

Pendirian MetaNesia untuk memperkuat ekosistem metaverse di dalam negeri, sekaligus menyeimbangi perubahan ekosistem digitalisasi secara global.

Dia memandang wajah baru dunia sudah terjadi. Berbagai negara telah dan tengah melakukan adaptasi atas perubahan tersebut. Tuntutan ini pun harus dilakukan Indonesia melalui perusahaan pelat merah, UMKM, dan swasta. 

Terobosan baru BUMN. 

Dia pun memastikan ekosistem digitalisasi ini akan menjadi sinergitas kekuatan di BUMN, UMKM, dan swasta, sebuah kolaborasi yang saling menguntungkan.

Menurut penilaian Syahrul, ekosistem ini dapat menjadi langkah BUMN dalam mempercepat ekosistem digital yang terintegrasi. “Metanesia ini sangat membantu kemajuan dan percepatan ekosistem digital sehingga semua kebutuhan dan upaya digitalisasi dalam tubuh BUMN sangat terintegrasi,” beber Syahrul saat memberikan keterangan.

Bagi Syahrul, BUMN penting untuk melakukan tindakan nyata utamanya dalam aspek pengupayaan adaptasi terhadap perkembangan zaman.

 “Perkembangan zaman haruslah direspon secara positif. Pak Erick Thohir mampu membaca peluang tersebut secara adaptif, Metanesia ini adalah bentuk konkretnya,” jelasnya. Menurut pengamatan Syahrul, Erick Thohir sangat peduli dalam mendorong perkembangan UMKM baik dalam kancah lokal ataupun global.

 “Pak Erick ini mengerti cara untuk memajukan ekonomi UMKM baik dalam lingkup lokal ataupun global. Dia selalu mendorong kemajuan UMKM agar terfasilitasi secara porsional dan proporsional,” imbuhnya Atas dasar itu, Syahrul dan pihaknya berkomitmen untuk mendorong Erick Thohir dalam upaya memperlancar laju UMKM yang sesuai dengan perkembangan zaman.  “Kami dari PMI, akan selalu membantu Pak Erick untuk menyukseskan program-programnya yang progresif,” pungkasnya.

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1659577000104_1659577030

Trending

Menteri BUMN Erick Thohir Berhasil Luncurkan MetaNesia Bersama TELKOM

SIAPBELAJAR.COM - Menteri BUMN Erick Thohir berhasil mengintrodusir ekosistem metaverse yang dibuat oleh PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk bernama Metanesia. Ekosistem metaverse ini merupakan yang per