Heboh Tarif Masuk Taman Nasional Komodo 3,75 juta Rupiah

Udan Muhdiana

Penulis : Udan Muhdiana
Editor : Danang Hamid

0

0

Trending
1659505279830_1659505853

Pemprov NTT menaikkan tarif masuk ke Taman Nasional Komodo dan Pulau Pasari

SIAPBELAJAR.COM - Taman Nasional Komodomerupakan salah satu dari 21 Taman Nasional Model yang ada di Indonesia dan merupakan salah satu dari lima taman nasional yang ditetapkan pertama kali di Indonesia. Taman Nasional Komodo didirikan pada 1980 yang terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Ya, Komodo (Varanus komodoensis) adalah spesies purba dan langka yang hampir punah, hanya dapat Anda temukan di Taman Nasional Komodo. Hewan komodo merupakan makhluk besar mirip kadal raksasa dengan memiliki panjang 2-3 m dan berat mencapai 165 kg, atau 100 kg saat perut kosong.

Karena keunikan dan kelangkaannya, Taman Nasional Komodo dinyatakan sebagai World Heritage Site dan Man and Biosphere Reserveoleh UNESCO tahun 1986. 

Namun akhir-akhir ini Taman Nasional Komodo (TNK) tersrbut diramaikan dengan perubahan tarif masuknya.Para pelaku wisata kompak melakukan aksi mogok selama 1 bulan,terhitung mulai 1 Agustus 2022 kemarin Pemerintah Provinsi Nusa Tengga Timur (NTT) menaikkan tarif masuk ke Taman Nasional Komodo (TNK) dan Pulau Padar.

 Aksi tersebut dipicu karna kenaikan tarif terlalu mahal. membuat sejumlah wisatawan asing maupun lokal pun akhirnya terlunta-lunta ketika tiba di Ibu kota Kabupaten Manggarai, NTT itu karena tak ada pelaku wisata yang melayani.

Dengan adanya kenaikan tarif, wisatawan yang mau mengunjungi destinasi wisata yang berada di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat itu harus merogoh kocek hingga Rp 3,75 juta per orang.

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat mengatakan, pihaknya menaikkan tarif karena dibutuhkan anggaran yang besar untuk pengelolaan TNK.

"Untuk konservasi Taman Nasional Komodo kita harus punya anggaran yang cukup agar pengelolaannya lebih maksimal," kata Viktor.

Ditambahkannya, konservasi yang baik membutuhkan anggaran yang besar. Hal ini bertujuan untuk pelayanan pariwisata jangka panjang dan berkelanjutan. 

 Pemerintah daerah sangat menjaga ekosistem darat dan laut dari dua pulau itu. Misalnya, dengan mencegah dari adanya upaya  pemboman ikan yang juga merusak alam lautnya, pencegahan pencurian satwa seperti rusa yang adalah makanan komodo.

Lebih lanjut, Viktor mengatakan semua ini sangat berkaitan erat demi kelangsungan hidup ekosistem di TNK, dan juga demi kelangsungan hidup komodo. Viktor juga menyarankan agar masyarakat yang keberatan dengan kenaikan tarif itu untuk melihat komodo di Pulau Rica.

Disebutkan Viktor, di Pulau Rica terdapat sekitar 1.300 komodo. Untuk masuk ke Pulau Rica, Viktor mengatakan pengunjung dikenakan tarif normal.

"Presiden Jokowi juga telah mengatakan kalau tidak ingin ke Pulau Komodo dan Pulau Padar, maka juga bisa ke Pulau Rinca karena komodo disana juga sama dengan di dua pulau tersebut dan tak ada bedanya,” kata Viktor.

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1659505279830_1659505853

Trending

Heboh Tarif Masuk Taman Nasional Komodo 3,75 juta Rupiah

SIAPBELAJAR.COM - Taman Nasional Komodomerupakan salah satu dari 21 Taman Nasional Model yang ada di Indonesia dan merupakan salah satu dari lima taman nasional yang ditetapkan pertama kali di Indones