Vladimir Putin Janji Melarang Pembayaran dengan Cryptocurrency di Rusia

Danang Hamid

Penulis : Danang Hamid
Editor : Danang Hamid

0

0

SIAPBELAJAR.COM - Presiden Rusia Vladimir Putin berjanji untuk melarang pembayaran Cryptocurrency dengan undang-undang baru yang akan membuat pembayaran dengan aset digital  menjadi ilegal di negara itu.

Langkah Rusia melarang pembayaran dengan Kripto ini adalah langkah yang sangat dinanti-nantikan, sebagai sebuah kelanjutan dari diskusi bertahun-tahun antara Bank Sentral Rusia dan Pemerintah Rusia tentang apakah akan mengizinkan cryptocurrency, seperti Bitcoin.

Melansir Tech Radar (18/7), Langkah Putin tersebut bisa menjadi berita buruk bagi banyak perusahaan Rusia, yang diperkirakan akan menggunakan kripto sebagai cara untuk meringankan beberapa sanksi yang dikenakan pada negara tersebut setelah invasinya ke Ukraina awal tahun ini.

Baca Juga: Faiz Arsyad Juara Kompetisi Baca Puisi di Rusia 

Rusia Melarang Kripto

Terjemahan undang-undang yang disorot di situs web pemerintah oleh Decrypt menagatakan:

“Dilarang untuk mentransfer atau menerima aset keuangan digital sebagai pertimbangan untuk barang yang ditransfer, pekerjaan yang dilakukan, layanan yang diberikan, serta dengan cara lain yang memungkinkan seseorang untuk menerima pembayaran barang (karya, layanan) oleh aset keuangan digital, kecuali ditentukan lain oleh undang-undang federal.”

Ada beberapa proposisi sehubungan dengan koin yang tidak diatur, dan seperti peraturan yang diusulkan Kementerian Keuangan yang pertama kali diangkat pada Februari 2022, undang-undang hari Sabtu melarang penggunaan Cryptocurrency untuk membeli atau menjual barang.

Tetapi, larangan total pada perdagangan crypto tidak diberlakukan, warga Rusia masih diizinkan untuk berinvestasi dalam crypto.

Tesla Menerima Dogecoin

Di tempat lain di dunia, raksasa kendaraan listrik Tesla saat ini malah sudah bisa menerima pembayaran Dogecoin untuk produk yang memenuhi syarat melalui penggunaan 'Dogecoin Wallet' pihak ketiga. Sementara perusahaan yang bersangkutan sebelumnya juga telah menyatakan kepercayaannya pada Bitcoin.

Presiden Putin sebelumnya telah menyatakan minatnya pada crypto, di mana ia menyatakan bahwa Rusia memiliki “keunggulan kompetitif tertentu” termasuk “surplus listriknya” menurut Decrypt, yang memberi negara itu pijakan yang kuat di Eropa, sebuah benua di mana banyak negara bergantung pada pasokan gas dari Rusia.

Beberapa platform perdagangan crypto utama seperti Binance dan Coinbase  juga mengatakan bahwa mereka akan mematuhi undang-undang Amerika Serikat dan Uni Eropa ketika beroperasi di Rusia.

Cyptocurrency

Gramedia menjelaskan bahwa Cryptocurrency adalah mata uang digital yang berfungsi sebagai media pertukaran, unit akun, atau penyimpan nilai, tetapi tidak memiliki status tender yang legal.

Nama cryptocurrency sendiri berasal dari gabungan dua kata, yakni kata cryptography yang artinya kode rahasia, dan currency yang berarti mata uang.

Mata uangnya terdiri dari Bitcoin.Ethereum, Binance coin, Cardano, Dogecoin dan Litecoin.

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1660635460522_1660635472

Belajar

Perubahan Sanksi Terhadap Pelajar Rusia di Estonia

SIAPBELAJAR.COM - Menurut Kementerian Luar Negeri Estonia, pelajar dari Rusia yang sudah belajar di Estonia akan dibebaskan dari larangan visa Schengen, menyusul perubahan sanksi yang dikenakan pad
1660265994643_1660266110

Ekonomi

Kepercayaan Terhadap Kripto di Australia Semakin Tinggi

SIAPBELAJAR.COM - Investasi kripto di Negeri Kanguru menjadi yang terpopuler nomor 2 setelah saham. Data tersebut mereka dapat dari hasil survei yang dilakukan terhadap 1.053 investor ritel.
1659585431434_1659585437

Belajar

Estonia Berhenti Mengeluarkan Visa dan Izin Tinggal untuk Pelajar Rusia

SIAPBELAJAR.COM - Kementerian Luar Negeri Estonia telah mengumumkan bahwa Estonia (negara di kawasan Baltik, Eropa Utara) tidak akan lagi mengeluarkan visa pelajar atau izin tinggal bagi warga negar
1658464086283_1658464317

Trending

Pasokan Gandum Rusia Ukraina Langka Harga Mie Instan Naik

SIAPBELAJAR.COM - Kepala staf kepresidenan moeldoko mengatakan harga mie instan akan naik di tengah perang Rusia - Ukraina.Menurut Moeldoko, konflik antara Rusia - Ukraina membuat harga gandum naik, k
16;9 (62)_1658453349

Ekonomi

Imbas Perang Rusia-Ukraina Harga Mie Instan meroket

SIAPBELAJAR.COM- Konflik Rusia Ukraina berimbas terhadap perekonomian global, tidak terkecuali Indonesia. Konflik ini berpengaruh bagi kinerja perdagangan antara Indonesia dengan kedua negara. K