Tips Menjadi Pembelajar yang Efektif

oleh -4 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

MENJADI pembelajar efektif enggak hanya berarti kita mampu belajar dengan cepat. Kita pun harus melengkapinya dengan faktor kritis lain seperti pengulangan dan transfer pengetahuan.

Inilah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan agar menjadi pembelajar yang lebih efektif.

banner 728x90
  1. Peningkatan memori

Langkah paling mendasar adalah meningkatkan fokus, menghindari belajar dengan sistem kebut semalam dan merencanakan sesi belajar.

  1. Tetap belajar dan mempraktikkan hal baru

Jika belajar bahasa asing, maka kamu harus terus mempraktikkannya untuk menjaga pencapaianmu. Prinsip “gunakan atau hilang” tersebut melibatkan proses otak yang disebut “pruning.” Beberapa hubungan di otak dijaga, sedangkan hubungan lainnya terputus. Jadi, jika kamu ingin pelajaran baru terus menempel di otak, maka kamu perlu terus mempraktikkan dan mengulanginya.

  1. Belajar dalam berbagai cara

Coba belajar dalam berbagai cara. Misalnya, selain belajar bahasa melalui rekaman percakapan (audio), coba tingkatkan kemampuan belajar secara visual (misalnya dengan gambar) dan verbal (misalnya dengan berbicara). Cara ini membuatmu harus menjelaskan apa yang sedang dipelajari kepada teman, mencatat atau membuat peta pemikiran. Belajar dalam berbagai cara akan membuat pengetahuanmu lebih terpatri di otak.

  1. Manfaatkan pengetahuan lama untuk belajar hal baru

Kamu bisa menghubungkan informasi baru dengan berbagai hal yang telah kamu ketahui sebelumnya. Misalnya, ketika mempelajari karya sastra, kamu bisa mengasosiasikannya dengan sejarah pada masa karya tersebut dibuat dan informasi relevan lainnya.

  1. Praktik

Jangan puas dengan hanya membaca. Praktikkan juga berbagai hal yang kamu pelajari agar kamu memiliki pemahaman lebih baik. Jika belajar tentang cabang olahraga tertentu, cobalah melakukan olahraga tersebut. Jika belajar bahasa, cobalah berbicara dalam bahasa tersebut, dan sebagainya.

  1. Cari jawaban, jangan mengingat

Lupa akan beberapa informasi adalah hal wajar. Tetapi, sebuah riset menunjukkan, ketimbang mengingatnya sekuat tenaga, akan lebih efektif jika kita mencari jawaban yang benar. Semakin kuat kita mencoba mengingat, maka peluang kita lupa lagi sebenarnya juga kian besar. Sebab, upaya mengingat tersebut akan diterjemahkan sebagai “kesalahan” oleh otak.

  1. Paham cara belajar terbaik

Semua orang punya cara belajar paling efektif untuk diri mereka. Entah itu belajar sambil mendengarkan musik, dalam suasana sepi, atau sambil memainkan benda. Temukan cara belajar terbaik, dan kamu akan menjadi pembelajar yang lebih efektif.

  1. Ujian

Yup, mengerjakan ujian adalah cara lebih baik untuk mengingat apa saja yang telah kamu pelajari. Jadi, jangan malas mengerjakan berbagai latihan soal di bukumu, ya!

  1. Janganmultitasking

Mengerjakan banyak hal dalam sekali waktu ternyata membuat sesi belajar kurang efektif. Dengan beralih dari satu tugas ke tugas lain, kamu akan belajar lebih lambat dan lebih banyak melakukan kesalahan. Fokuslah pada satu kegiatan, selesaikan dalam waktu tertentu, dan kemudian beralihlah ke pekerjaan berikutnya.

  1. Kebiasaan

Menjadi pembelajar yang lebih efektif sangat membutuhkan waktu. Kamu harus sering latihan dan memiliki kegigihan. Kuncinya adalah menjadikan hal ini sebagai kebiasaan, dan hasil lebih baik pun akan kamu dapatkan.(news.okezone.com)