Tingkat Persaingan di 2 Prodi Baru ITS Paling Tinggi

oleh -11 views
inderacp.blogspot.com
Arrief Ramdhani
inderacp.blogspot.com
inderacp.blogspot.com

MESKI baru, dua jurusan di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, yakni Manajemen Bisnis dan Teknik Multimedia Jaringan tidak bisa diremehkan. Pasalnya, dua program studi (prodi) itu merupakan jurusan dengan tingkat ketetatan tertinggi di ITS dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013.
Hal tersebut disampaikan Humas panitia lokal (panlok) 50 SBMPTN Surabaya Bekti Cahyo Hidayanto saat mengevaluasi hasil pendaftaran para peserta SBMPTN. Dia menyebut, kedua jurusan itu memiliki persentase keketatan kurang dari dua persen.

“Padahal sisa daya tampung SBMPTN-nya tinggal 15 kursi. Artinya, peserta ujian SBMPTN yang memilih jurusan ini harus bersaing dengan 100 pendaftar lain dalam memperebutkan dua kursi kelasnya,” kata Bekti, seperti dikutip dari ITS Online, Senin (10/6/2013).

banner 728x90

Bekti menyimpulkan, hal itu terjadi lantaran banyaknya peminat kedua jurusan tersebut. Untuk Jurusan Manajemen Bisnis misalnya, dia berpendapat, banyak orangtua yang ingin menyekolahkan anaknya di sekolah teknik namun tetap mendapat ilmu bisnis.

Animo serupa juga terjadi untuk Jurusan Teknik Multimedia dan Jaringan. Jurusan itu juga menjadi incaran banyak lulusan SMA sederajat. Pasalnya, dunia komputer dan multimedia semakin berkembang dan membutuhkan banyak tenaga ahli di bidang tersebut. “Seperti pembuat animasi game atau pembuat program multimedia lain,” paparnya.

Dia menambahkan, untuk persentase keketatan kedua jurusan baru itu dengan prodi lainnya di ITS tidak jauh berbeda dengan jurusan baru itu. Jurusan Arsitektur misalnya, persentase keketatan jurusan itu mencapai empat persen dari daya tampung SBMPTN.

“Arsitektur daya tampung SBMPTN-nya sebanyak 30 kursi. Jadi untuk setiap empat kursinya akan diperebutkan 100 peserta ujian,” ungkap Bekti.

Sedangkan untuk jurusan dengan tingkat keketatan terendah di ITS adalah Jurusan Fisika. Salah satu jurusan di Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) ini memiliki tingkat keketatan sebesar 16 persen.

“Jadi, 100 peserta akan bersaing untuk 16 kursi. Maka, peluang untuk masuk jurusan tersebut bisa lebih besar,” pungkas pria berkacamata itu.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.