Tinggi, Kebutuhan Tenaga TIK Profesional

oleh -9 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

INDONESIA akan segera memasuki masa Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada tahun 2015. Kondisi ini dipastikan akan menambah jumlah kebutuhan tenaga ahli teknologi informasi dan Komunikasi (TIK) di Indonesia. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, Telkom Professional Development Centre (Telkom PDC) telah mewisuda 252 lulusan pada acara Wisuda ke-VI CCDP Program dan Pelantikan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2014/2015, di Aula Telkom Applied Science School Telkom University.

“Saat ini perekonomian Indonesia berada pada level negara berkembang. Kebutuhan akan tenaga kerja di bidang TIK selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya,” kata Direktur Telkom PDC Pusat R.Mohammad Kusno, Ir.,MBA pada sambutan wisudanya.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut bukanlah perkara mudah, baik tenaga professional TIK, maupun tenaga kerja yang memanfaatkan TIK dalam pekerjaannya. Mempersiapkan kebutuhan tenaga TIK tidak hanya sekeadar memenuhi target jumlah tenaga kerja. Namun peningkatan kualitas tenaga kerja harus bergerak pararel seiring peningkatan kuantitas lulusan di bidang TIK.

Disisi lain, kualitas kurikulum pendidikan serta tenaga pengajar profesional di bidang TIK harus benar-benar mampu menjawab kebutuhan industri TIK dan meningkatkan kompetensi para lulusannya. Salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi para lulusan tersebut adalah dengan memberikan sertifikasi internasional di bidang TIK.

“Inilah yang menjadi nilai tambah lulusan Telkom PDC. Para lulusan bukan hanya mendapatkan ijazah tetapi juga sertifikat internasional sesuai bidang keahlian,” demikian Kusno.

Telkom PDC berada di bawah naungan Telkom Foundation. Sejak berdiri Telkom PDC pada tahun 2008 hingga sekarang, lembaga ini telah meluluskan 1.336 tenaga professional TIK melalui program Certified Competency Development & Professional (CCDP). Di antaranya tenaga ahli di bidang Application Development Professional (ADP), Web Development Professional (WDP), Graphic Design Professional (GDP), Network Admininstration Professional (NAP), Creative Multimedia Professional (CMP), IT Accounting Professional (IAP), Cyber Secretary Professional (CSP), dan Computer Accounting Professional (CAP).

Pada kesempatan yang sama, Ketua Telkom Foundation Johni Girsang, M.Sc menekankan pentingnya sertifikasi professional IT di era masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) untuk era sekarang dan akan datang.

Menurutnya, tenaga ahli dibidang TIK akan sangat dibutuhkan untuk sekarang dan masa ayang akan datang. Masyarakat dan pelaku bisnis pada era MEA akan semakin mengoptimalkan penggunaan IT. Selain itu, kebutuhan E-Commerce terhadap tenaga TIK tersertifikasi cukup tinggi karena dunia E-Commerce dianggap lebih murah, mudah dan cepat.

“Tidak hanya dunia bisnis, pelayanan pemerintah yang lebih transparan dengan E-Government juga akan sangat membutuhkan para lulusan TIK bersertifikasi sehingga para lulusan akan lebih optimistis menghadapi pasar kerja,” jelasnya.

Di proyeksikan, kata Johno, kebutuhan tenaga ahli TIK akan mencapai 6 juta orang di tahun depan. Kepada para wisudawan Johni menghimbau agar menyikapi MEA 2015 sebagai tantangan dan peluang untuk meningkatkan kompetensi di tengah persaingan. Baik kompetensi intelektual, spiritual, emosional dan kompetensi sosial.

Untuk mempersiapakan lulusannya, Telkom PDC juga mengembangkan kerjasama dengan industri. Hal itu diwujudkan melalui kerjasama rekrutasi, kegiatan magang, maupun kerja praktek pada berbagai sektor. Telkom PDC telah bekerjasama dengan PT. Telkom Akses, Telkom Professional Certification Center (TPCC), PT. Madnine Digital, PT. Aerotrans Services Indonesia, PT. Performed Line Products Indonesia, PT. Finnet Indonesia, dan PT. Bahtera Pesat Lintasbuana.

Bersamaan dengan acara Wisuda saat itu
Telkom PDC juga menjalin kerjasama baru dengan 6 perusahaan, di antaranya PT. Transport System Solutions (Octagon Studio), PT. Aegis Ultima Teknologi, PT. RapidSoft International, PT. Erudeye Indonesia, PT. Topi Putih Kreasi Indonesia, PT. Business Software Solution.(pikiran-rakyat.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.