Tim Robotika UPI Bidik Kontes Internasional

oleh -1 views
Ilustrasi (andi-galip.blogspot.com)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi (andi-galip.blogspot.com)
Ilustrasi (andi-galip.blogspot.com)

TIM Robotika Univeritas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung membidik sejumlah kontes robot tingkat internasional dan bersaing dengan kampus-kampus lainnya yang telah lama berkiprah di ajang itu.
“Setiap tahun prestasi tim robotika UPI terus meningkat dan kami akan turun di sejumlah kontes robot nasional maupun internasional dimana lima regional akan bertanding di sana,” kata Ketua Komunitas Mahaiwa UPI Penggemar Tobotika (Kompor) Faisal di Bandung, Selasa.

Dalam kontes terakhir yang digelar di Universitas Indonesia (UI), 9-11 Mei 2013 tim robot UPI meraih enam penghargaan yang berhasil menyabet juara pada Kontes Robot Indoneia, Kontes Robot Pemadam Api dan Kontes Robot Sepak Bola.

Robot Isola A UPI menyabet Juara I Kontes Robot Seni. Robot itu bertema Hanoman Duta dimana bentuknya dibuat menyerupai tokoh Hanoman yang berkostum khas dan berbulu putih sehingga kotum itu menjadi salah satu penilaian juri.

Sedangkan robor Isola 2 UPI menempati peringkat kedua untuk kategori inovasi robot sepak bola.

Sedangkan Tim Guruminda UPI berhasil memboyong desain terbaik KRPAI Berkaki, dan Tim robot Isola 229 UPI menyabet juara III KRI.

“Robot guruminta bia berdiri di tanjakan dan melewati lorong, robot ini cukup rumit dan butuh waktu empat bulan untuk menyelesaikannya,” kata Yuski dari Pendidikan Teknik Elektro UPI.

Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Dadang Suhendar berkomitmen untuk terus mendukung mahasiswa yang tergabung dalam robotika UPI untuk mengikuti kontes ke jenjang yang lebih tinggi.

“Kami mendukung pengembangan robot itu, tidak hanya untuk kontes tapi juga diharapkan bisa menciptakan robot-robot yang bisa disinergikan dalam teknologi terapan,” kata Dadang Suhendar menambahkan.(republika.co.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.