Tim Robot Indonesia Masuk Delapan Besar Dunia

oleh -0 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

TIM Robot “EEPIS Robot Soccer” (EROS) dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) masuk delapan besar dunia Kontes Robot Dunia “RoboCup 2013” di Eindhoven, Belanda 26-30 Juni.

“Langkah EROS terhenti di Delapan Besar Dunia, karena wakil Indonesia di ajang RoboCup 2013 itu harus puas dengan skor 1-3 melawan tim robot sepak bola AUT-Man dari Iran di perempatfinal,” kata Humas PENS Andri Suryandari, Ahad (30/6).

banner 728x90

Menurut dia, AUT-Man sudah berpengalaman di RoboCup sejak 2005-2006, meski skor 1-3 itu juga sumbangan tim EROS yang melesakkan satu bola ke gawangnya sendiri, setelah bola mengalir bergantian dari daerah EROS ke daerah AUT-Man.

“Secara statistik EROS lebih sering menguasai bola, mengecoh, mengutip bola dan melepaskan diri dari kepungan AUT-Man yang robot-robotnya terlihat kokoh dan kekar. Bahkan beberapa kali EROS berhadapan langsung dengan keeper AUT-Man,” ujarnya.

Namun, Endra Pitowarno yang adalah ofisialsekaligus perwakilan juri KRSBI (Kontes Robot Sepak Bola Indonesia), tiga kali tendangan langsung ke gawang lawan gagal membuahkan gol karena melenceng ke sisi kanan.

Ada perbedaan besar antara pertandingan di Indonesia dengan pertandingan di ROBOCUP 2013. Tidak ada kain penyekat antara juri dan anggota tim yang bermain. Selain itu, di lapangan semua gawang berwarna kuning, sehingga robot harus dapat membedakan mana gawang lawan dan gawangnya sendiri.

Direktur PENS Zainal Arief menyatakan sangat bangga dengan prestasi tim EROS. “Prestasi ini merupakan capaian yang luar biasa, mengingat tahun lalu tim EROS hanya mampu bertahan di posisi 16 besar,” katanya.

Pada pertandingan sebelumnya, EROS berhasil memenangkan permainan melawan TH-MOS (yang tubuhnya lebih tinggi dari EROS) dari Tsing Hua University China dengan skor 6-0. Pertandingan lainnya yang dimenangi EROS adalah saat melawan WF-Wolf dari Jerman (Juara Jerman Open 2013), skor 4-0.

Dua pertandingan lainnya melawan SnoBots (Universitas Manitoba Canada) juga menang dengan skor 5-0 serta pada saat melawan Cyberlords La Salle (Universitas La Salle Mexico), skor 10-0.

“Tahun depan, EROS masih akan menjadi wakil Indonesia di ajang RoboCup 2014 yang akan dilaksanakan di negara penyelenggara ‘World Cup’ Brasil. Semoga, tahun depan kami dapat meraih prestasi yang lebih baik lagi,” kata Zainal.

“RoboCup Soccer” adalah kompetisi robot internasional yang diselenggarakan tiap tahun yang tahun ini penyelenggaranya Universitas Teknologi Eindhoven, Belanda. Tim EROS (PENS) mengikuti kategori Humanoid League KidSize (tinggi 30-60 cm).(republika.co.id)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.