Tim Independen Awasi Pelaksanaan UN di kab Bandung

oleh -2 views
Ilustrasi ( harianrakyatbeng­kulu.­com)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi ( harianrakyatbeng­kulu.­com)
Ilustrasi ( harianrakyatbeng­kulu.­com)

PELAKSANAAN UN SMA dan SMK di Kabupaten Bandung akan diawasi oleh Tim Pengawas Independen (TPI).

 

Mereka berasal Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung dan Universitas Bale Bandung (Unibba) yang jumlahnya mencapai ratusan.

Kepala Bidang SMA dan SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bandung, Marlan Nursamsi mengatakan, tim independen tersebut akan mengawasi UN dari lingkungan sekolah.

“Tapi mereka tidak boleh masuk dalam ruangan ujian. Jumlah pengawas TPI di setiap sekolah ini merupakan kebijakan perguruan tinggi,” kata Marlan, Jumat (11/4/2014).

Sementara ruangan yang akan digunakan untuk ujian, kata Marlan, untuk SMA sebanyak 667 ruangan dengan jumlah pengawas 1.334 orang, sedangkan untuk SMK sebanyak 794 ruangan dengan jumlah pengawas sebanyak 1.188 orang.

“Pengawas di sini adalah kalangan guru yang ada di kabupaten dan dibantu dari Disdik Jabar dan TNI/Polri,” katanya.

Untuk pengawas dari guru, Kata Marlan, akan diatur dengan sekolah lain yang terdekat. Namun guru mata pelajaran yang diujikan pada hari itu tidak diperbolehkan mengawas UN. Sedangkan soal UN dalam satu ruangan terdiri dari 20 model yang dilengkapi barcode.

“Dengan 20 model dan menggunakan barcode ini, untuk menghindari kebocoran soal,” katanya.

Dia menambahkan, jumlah peserta UN tahun ini, untuk SMA sebanyak 11.558 siswa, terdiri atas jurusan IPA sebanyak 5.407 siswa, jurusan IPS sebanyak 2.966 siswa, dan jurusan bahasa sebanyak 245 siswa. Sementara untuk SMK sebanyak 22.447 siswa. Sehingga total 34.003 siswa.

Sedangkan jumlah naskah soal yang dibongkar sejumlah siswa peserta UN di Kabupaten Bandung dikali mata pelajaran yang diujikan. Sementara naskah soal cadangan di setiap ruangnya hanya ada dua buah.

“Kabupaten Bandung sudah 100 persen siap menggelar UN SMA dan SMK pada 14 hingga 18 April mendatang,” ujarnya.(inilahkoran.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.