Tiga Profesor Hong Kong Isi Kuliah Tamu di ITB

oleh -11 views
Tiga Profesor Hong Kong Isi Kuliah Tamu di ITB.(kampus.okezone.com)
Arrief Ramdhani
Tiga Profesor Hong Kong Isi Kuliah Tamu di ITB.(kampus.okezone.com)
Tiga Profesor Hong Kong Isi Kuliah Tamu di ITB.(kampus.okezone.com)

INSTITUT Teknologi Bandung (ITB) kedatangan tiga tamu istimewa dari Hong Kong University (HKU). Ben Young, Herbert Fang, dan Yuguo Li itu menjadi pembicara dalam kuliah umum tentang Bioteknologi dan Lingkungan.
Di hadapan mahasiswa dan masyarakat umum, Ben Young memperkenalkan Hong Kong University sebagai pembuka kuliah umum siang. Kemudian dilanjutkan materi Environmental Anaerobic Technology for Pollution Control and Bio-energy Recovery oleh Herbert Fang.

Fang menjelaskan tentang proses pengolahan limbah cair, yaitu secara fisika, kimia, dan biologi. Fokus dari kuliah yang disampaikan adalah proses pengolahan secara biologi yang memanfaatkan bakeri untuk mendegradasi polutan.

“Pertama, ada proses aerobik, yakni pengolahan air limbah membutuhkan oksigen untuk metabolism mikroorganisme. Kedua, ada pula proses anaerobik yang sama sekali tidak membutuhkan oksigen. Proses ini pada dasarnya adalah proses fermentasi,” kata Fang, seperti dikutip dari situs ITB, Sabtu (18/10/2014).

Proses anaerobik, lanjutnya, memberikan banyak keuntungan dibandingkan proses pengolahan limbah lainnya. Salah satunya adalah karena proses ini dapat meminimalisasi lumpur sisa hingga 90 persen.

Hong Kong University memang sedang giat mengadakan penelitian tentang proses anaerobik untuk mengolah limbah. Kini, Fang tengah meneliti mikroorganisme yang paling efektif untuk digunakan dalam proses tersebut dengan menggunakan High-Throughput Screening.

“DNA adalah obyek penelitian ini guna menganalisis mikroorganisme yang paling sesuai dengan kebutuhan pengolahan limbah tertentu. Teknologi pengolahan secara anaerobik pun telah berkembang pesat. Kini telah ada UASB reactor, EGSB dan FB reactors, serta internal circulation reactor,” jelasnya.

Kuliah kedua disampaikan oleh Yuguo Li dengan judul “Building Environmental and Influenza”. Materi tersebut berisi pembangunan infrastruktur dan kaitannya dengan kesehatan manusia. Penyakit spesifik yang dibahas oleh Li adalah influenza.

“Sebagaimana yang diketahui oeh publik bahwa influenza adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan telah menjadi epidemik dari masa ke masa. Teknologi masa kini pun terus dikembangkan untuk mengatasi masalah kesehatan lingkungan ini,” tutur Li.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.