Tiga Kunci Sukses PPDB Daring

oleh -1 views
Ilustrasi PPDB
Arrief Ramdhani
Ilustrasi PPDB
Ilustrasi PPDB

KEMENTERIAN Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mendorong transparansi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dengan sistem daring. Penggunaan sistem daring harus didukung infrastruktur berupa komputer dan akses internet, hingga sumber daya manusia yang menjadi operator.

Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemdikbud, Ibnu Hamad, mengatakan, ada tiga faktor yang memengaruhi suksesnya PPDB daring. Ketiganya adalah partisipasi masyarakat, kesiapan infrastruktur sekolah, dan bantuan operasional daerah dari dinas pendidikan.

“Kalau segitiga tersebut, masyarakat, dinas, dan sekolah, konsern pentingnya PPDB daring ini, maka akan sangat baik hasilnya,” kata Ibnu saat gelar wicara dengan Radio KBR 68 H bersama Ombudsman, di kantor Kemdikbud, Rabu (11/06/2014).

Ibnu mengatakan, bentuk partisipasi masyarakat dapat dilihat dari kesediaan masyarakat melakukan pendaftaran sejak awal. Di beberapa kasus, masyarakat banyak baru mulai melakukan pendaftaran ketika waktu pendaftaran hampir habis. Dengan kesadaran seperti ini, kata Ibnu, akan sangat membantu mengurangi beban server aplikasi daring ini agar tidak drop.

Dari sisi sekolah, penggunaan jaringan internet di beberapa daerah masih terbatas karena belum tersedianya infrastruktur yang baik. Ibnu menjelaskan, untuk mengatasi masalah infrastruktur ini sekolah bisa menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). “Di juknis BOS itu nomor 6 ada item langganan daya dan jasa, salah satunya internet. Itu bisa dimanfaatkan untuk berlangganan,” kata Ibnu.

Dan bagi dinas pendidikan, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menyuseskan PPDB daring ini adalah dengan menyediakan BOSda, agar ketersediaan infrastruktur pendukung dapat terpenuhi. (kemdikbud.go.id)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.