TeSCA, Bukti Kepedulian Telkom pada Pendidikan

oleh -3 views
edukasi.kompas.com
Arrief Ramdhani
edukasi.kompas.com
edukasi.kompas.com

TeSCA atau Telkom Smart Campus Award merupakan program CSR PT Telekomunikasi Indonesia berbentuk penghargaan yang diberikan kepada perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia dalam aspek Implementasi informationcommunication Technology (ICT). Dengan adanya TeSCA, suatu perguruan tinggi dapat mengukur diri mereka melalui parameter-parameter yang memandu mereka menuju World Class University. Program yang berlangsung sejak tahun 2008 ini didukung oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud, Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Komputer (Aptikom), dan Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Detiknas).

Dalam acara TeSCA 2013 di Hotel Dharmawangsa 1 Mei 2013 lalu, Direktur Umum PT Telekomunikasi Indonesia, Arief Yahya memaparkan bahwa untuk menjadi suatu perguruan tinggi yang berstandar internasional, ada tiga parameter yang dapat memandu suatu perguruan tinggi untuk menyandang taraf internasional. Tiga parameter tersebut adalah CalibrationConfident dan Credibility. Sejauh ini, TeSCA baru memenuhi satu parameter, yaitu CalibrationCalibration berarti TeSCA sudah melakukan pengukuran tingkat pemanfaatan teknologi informasi untuk proses belajar mengajar.

Agar memenuhi parameter Confident dan Credibility, Direktur EWS Telkom, Muhammad Awiluddin mengumumkan peluncuran logo baru TeSCA. Melalui logo baru ini, program TeSCA diharapkan dapat menjadi instrumen self-assessment para perguruan tinggi yang ingin memenuhi standar Internasional (Confident). Sekaligus berperan dalam pengembangan penerapan ICT di perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Dengan kata lain menjadi ICT campus superbrand (Credibility).

Pada acara Exclusive Dinner, Talkshow & Penyerahan Pemenang Telkom Smart Campus (TeSCA) 2013 yang diselenggarakan Telkom, dan PT Tempo Inti Media Tbk (Tempo Media Group) sebagai mitra pelaksana, diumumkan lima perguruan tinggi yang berhasil menyabet penghargaan TeSCA 2013, yaitu Universitas Indonesia di peringkat 1, Universitas Gunadarma di peringkat 2, Institut Teknologi Bandung menduduki peringkat 3, Universitas Padjajaran di urutan nomor 4 dan Universitas Airlangga di peringkat 5.(edukasi.kompas.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.