Tes CPNS 2014, Peserta Takkan Disibukkan Berkas Menumpuk

oleh -16 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

ADA yang berbeda dengan tata persyaratan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun ini dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Beberapa kemudahan melalui penyederhanaan terhadap beberapa syarat diterapkan untuk memperlancar proses seleksi.

Jika selama ini, para peserta tersebut wajib mengirimkan berkas administrasi seperti Surat keterangan catatan kepolisian (SKCK), surat keterangan kesehatan dan kartu kuning sebagai persyaratan, maka pada seleksi tahun ini berkas-berkas tersebut baru akan diminta setelah peserta lolos seleksi. “Kalau tidak sehat, dia gugur,” tutur Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Selasa (1/7/2014).

Menurut dia,  metode ini akan memberikan penghematan bagi peserta, karena mereka tidak perlu mengurus berkas-berkas tersebut untuk mengikuti seleksi. “Ini bisa hemat pengeluran. Karena untuk mengurus itu kan pasti perlu biaya. Kalau dilihat dari jumlah peserta secara total, mungkin bisa hemat sekitar Rp150 miliar,” katanya.

Terkait standar seleksi CPNS yang akan berlangsung tahun ini, Azwar mengungkapkan bahwa pihaknya masih akan membicarakan hal itu dengan kementerian dan lembaga (K/L) masing-masing.

“Memang ada keinginan K/L yang ingin agar dibuat sesuai daerah masing-masing karena kalau sama tidak semua daerah bisa menyesuaikan. Ini diserahkan pada masing-masing K/L. Itu akan diatur nanti,” pungkasnya.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.