Ternyata, Naskah UN Ada Variasi Tingkat Kesulitannya

oleh -0 views
Ilustrasi (dikmen.kemdiknas.go.id)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi (dikmen.kemdiknas.go.id)
Ilustrasi (dikmen.kemdiknas.go.id)

SEPEKAN lagi pelajar kelas 3 SMU/Sederajat se-Indonesia berjibaku dengan Ujian Nasional (UN). Tentunya, segala persiapan dilakukan, termasuk mempersiapkan 20 paket soal UN.
Nah, untuk itu mereka latihan mengerjakan soal-soal evaluasi UN tersebut. Tujuannya, apabila dibandingkan dengan tahun-tahun kemarin, evaluasi soal UN ini akan sangat membantu para murid untuk menjawab soal karena mempunyai variasi tingkat kesulitannya.

“Ada variasi tingkat kesulitannya, dimasing-masing varian set naskah UN itu setara atau sama dalam setiap kelas,” ujar Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Moehammad Aman Wirakartakusumah, di Jakarta, akhir pekan ini.

Menurut Aman, karena sudah sesuai dengan 20 paket soal ujian, maka diharapkan jangan sampai ada kebocoran pada naskah UN ini. Sehingga harus benar-benar diawasi.

Aman menambahkan, pengawas dalam pengawasannya akan dibantu dengan baik, sehingga berjalan kondusif, maka pemerintah akan menerapkan sistem pengawasan silang penuh.

“Pengawas di sekolah tidak menjadi pengawas UN di sekolahnya sendiri. Dia akan mengawas di sekolah lain,” katanya.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.