Terkendala Pengadaan Buku Pelajaran, Penerapan Kurikulum 2013 di Garut Belum Maksimal

oleh -9 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

PENERAPAN Kurikulum 2013 di Kabupaten Garut, masih belum maksimal. Ini sebagai terkendalanya pengadaan buku mata pelajaran. Padahal sebelumnya Kemendikbud menjamin buku-buku yang dibutuhkan akan segera dikirimkan ke semua sekolah.

Berdasarkan hasil pantauan di lapangan, baru sebagian kecil sekolah yang sudah menerimanya. Alhasil, para tenaga pendidik agar tetap menjalankan kegiatan belajar mengajar terpaksa mengandalkan dari hasil pelatihan.

Belum datangnya buku pegangan siswa dan guru ini diakui salah seorang Kepala Sekolah di wilayah Garut Utara, Ny. Rokayah. Menurutnya, sesuai Juknis yang diterima, pihaknya telah melakukan pemesanan buku kepada konsorsium penerbit yang telah ditunjuk pemerintah. Namun hingga kini hanya sebagian kecil saja buku yang telah diterima.

“ Kita telah melakukan pemesanan buku yang dikoordinir oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, namun hingga saat ini buku tersebut belum datang seluruhnya,” kata Rokayah apa adanya.

Kepala Bidang Kurikulum PSSD Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Dadang Hidayat mengatakan, kendati belum seluruhnya terdistribusikan ke setiap sekolah, penerapan Kurikulum 2013 tidak akan terhambat.

“ Itu berdasarkan hasil monitoring di lapangan, para tenaga pendidik sama sekali tidak mengalami hambatan dalam memberikan materi,” ujar Dadang.

Diakui dia, pendistribusian buku pelajaran mengalami keterlambatan. Pasalnya, untuk pengadaan pihaknya tidak berperan secara penuh karena dilakukan oleh pemerintah pusat.(fokusjabar.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.