Terapkan KBK, Unpad Butuh Masa Transisi

oleh -4 views
Arrief Ramdhani

Unpad Rektorat

UNIVERSITAS Padjadjaran (Unpad) Bandung siap menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Namun, untuk menerapkannya secara utuh, tetap butuh masa transisi mengingat imbas yang ditimbulkan oleh metode baru tersebut.

Demikian disampaikan Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Unpad, Sam’un Djaja Raharja. Sejauh ini, kata Sam’un, sudah delapan fakultas yang melakukan review.

Sementara pada lokakarya kali itu, ada empat program studi (prodi) yang sedang melakukan review, yakni Administrasi Bisnis, Administrasi Negara, Kesejahteraan Sosial, dan Antropologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unpad.

“Jika semua prodi sudah selesai, kami menyiapkan masa transisi antara kurikulum lama dengan KBK. Karena, perubahan kurikulum akan berimplikasi pada sistem penilaian, perkuliahan, bagaimana dengan mahasiswa lama yang mengulang, kinerja dosen, serta upload nilai punya perbedaan yang signifikan antara kurikulum lama dengan KBK,” papar Sam’un, seperti disitat dari situs Unpad, Jumat (14/3/2014).

Namun, secara substantif setiap prodi di Unpad sebetulnya telah mengenalkan metode KBK dalam kegiatan pembelajaran. Metode yang berbasis pada Student Center Learning (SCL) ini sudah diterapkan meskipun kurikulumnya belum mengacu pada KBK.

“Kami harus pelan-pelan mengubah paradigma pembelajaran. Diharapkan angkatan 2014/2015 sudah diterapkan metode KBK. Lokakarya inilah yang sekiranya dapat dimanfaatkan oleh seluruh prodi untuk mempersiapkan secara subtantif menyongsong KBK 2014 di Unpad,” imbuhnya.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.