Tenaga Pendidik Harus Budayakan Membaca

oleh -17 views
Ilustrasi (prioritaspendidikan.org)
Arrief Ramdhani
MI Asih Putera Totalitas dalam Kembangkan Budaya Baca.(prioritaspendidikan.org)
MI Asih Putera Totalitas dalam Kembangkan Budaya Baca.(prioritaspendidikan.org)

TENAGA pendidik diharapkan mampu mengembang­kan budaya membaca di sekolah, sehingga siswa secara tidak langsung akan terangsang untuk menjadi gemar membaca.

Demikian disampaikan Provinsial Koordinator US­AID Prioritas Jawa Barat, Er­na Irnawati saat memberikan motivasi kepada 66 guru SMP/MTs mitra USAID Prioritas Banjarsari Selasa (28/10/2014) di aula wisma PGRI Ciamis.

banner 728x90

Menurut Erna, membudayakan membaca bisa dilakukan dengan berbagai hal mulai dari membuat po­jok sekolah, mading dan sebagainya.

Namun demikian hal ter­sebut tidak akan berhasil apa­bila guru tidak memberi contoh terlebih dahulu. Ter­lebih saat ini, kurikulum 2013 menuntut agar guru bisa mengajar dengan baik sehingga membuat anak didik aktif, kreatif dan inovatif dalam belajar.

Termasuk juga membudayakan membaca akan membuat anak lebih aktif berfikir sehingga tidak terpaku kepada bahan ajar yang diberikan oleh guru.

Selain itu kata Erna, un­tuk penerapakan kurikulum 2013, pihaknya mela­kkan pe­latihan pembelajar­an yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PA­KEM) di sekolahnya masing-masing.

Pelatihan ini akan difo­kuskan pada pembelajaran kontekstual yang disebut Con­textual Teaching and Learning (CTL) serta ma­najemen berbasis sekolah (MBS).

“Sasarannya yaitu kepada para guru agar mereka le­bih mempunyai keteram­pilan untuk mengimple­men­tasikan kurtilas,” ujar­nya.

Sementara itu Koordi­nator USAID Prioritas Dis­trik Ciamis, M Ipin Rohana menyebut peserta yang ikut sebanyak 66 orang dari SMPN 1 Banjarsari, SMPN 2 Banjarsari, SMPN 3 Ban­jarsari dan MTs Negeri wa­na­yasa Banjarsari. Terdiri dari guru dan Kepala Se­kolah.
“Mudah-mudahan guru bisa mengajar dengan baik setelah mengikuti pelatihan ini, sehingga nantinya anak didik akan mudah mencerna materi yang diajarkan de­ngan metode yang me­nyenangkan,” katanya. (kabar-priangan.com)

26 thoughts on “Tenaga Pendidik Harus Budayakan Membaca

  1. Ping-balik: Alex Webcams
  2. Ping-balik: mo thay nha
  3. Ping-balik: Regression Testing
  4. Ping-balik: devops
  5. Ping-balik: wig
  6. Ping-balik: barbie love doll
  7. Ping-balik: aecasino
  8. Ping-balik: vyvanse for sale
  9. Ping-balik: relx pod
  10. Ping-balik: euroclub-th.com
  11. Ping-balik: mp3 download
  12. Ping-balik: Dark0de Market Link
  13. Ping-balik: buy ibogaine online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.