Telkom Foundation Berikan Beasiswa Lulusan SMK Terbaik

oleh -5 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

UNTUK kedua kalinya Telkom Foundation menggelar program beasiswa bagi lulusan-lulusan terbaik SMK Telkom. Beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke Telkom University tersebut diberikan kepada 38 lulusan terbaik SMK Telkom se-Indonesia, dengan total nilai beasiswa mencapai Rp 1,18 miliar.

Ke-38 lulusan terbaik itu berasal dari 8 SMK Telkom di seluruh Indonesia, yaitu SMK Telkom Medan (5 lulusan), SMK Telkom Jakarta (5 lulusan), SMK Telkom Purwokerto (5 lulusan), SMK Telkom Malang (3 lulusan), SMK Telkom Banjarbaru (5 lulusan), SMK Telkom Makassar (5 lulusan), SMK Pariwisata Telkom Makassar (5 lulusan), dan SMK Pariwisata Medan (5 lulusan). Lulusan-lulusan ini dipilih berdasarkan prestasi Nilai Akhir (NA) Sekolah Terbaik peringkat 1 sampai dengan 5 di SMK-SMK Telkom.

Mereka berhak mendapatkan biaya pendidikan tahun pertama di Telkom University dari Telkom Foundation, yang meliputi Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan (UP3), Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan (SDP2), Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) semester 1 dan 2, serta hak tinggal di Asrama Telkom University. Namun, semua penerima beasiswa harus mampu mempertahankan IPK 3,5 jika ingin terus mendapat pembebasan biaya kuliah selama maksimal 8 semester untuk S1 dan 6 semester untuk D3. Jika tidak, maka para penerima beasiswa akan menerima konsekuensi logis berupa pengurangan BPP.

Ketua Telkom Foundation Bapak Johni Girsang mengatakan, program beasiswa ini merupakan bagian dari implementasi konsep One Pipe Education System (OPES) di Telkom Foundation, di mana para peserta didik memercayakan pendidikannya dari tingkat TK hingga Perguruan Tinggi kepada lembaga-lembaga pendidikan di Telkom Foundation. Sesuai dengan tagline Telkom Foundation yaitu “Building The Civilization”, Telkom Foundation ingin memberikan sumbangan kepada bangsa berupa pembentukan karakter komunitas melalui pendidikan soft skill dan hard skill di lingkungan Telkom Foundation.

“Kami yakin semakin panjang seseorang mendapatkan pendidikan di Telkom Foundation, maka semakin kuat karakter yang tertanam dalam diri orang tersebut, baik itu sebagai siswa, mahasiswa, dosen, maupun pegawai. Dengan begitu, Indonesia akhirnya akan memiliki peradaban yang well educated dan berkarakter,” tuturnya.

Hal senada juga diungkapkan Direktur Pendidikan Dasar dan Menengah Telkom Foundation Ibu Imelda Tirra Usnadibrata. Menurut beliau, kehadiran lulusan SMK di Telkom University akan memberikan nuansa berbeda terhadap Telkom University, yang selama ini didominasi oleh lulusan SMA. Pada saat yang sama, program beasiswa untuk lulusan terbaik SMK Telkom juga akan menjadi daya tarik bagi siswa-siswi di SMA dan SMK Telkom. Bahwa Telkom Foundation memerhatikan keberlangsungan pendidikan mereka hingga ke tingkat paling tinggi, serta mereka memiliki kesempatan untuk mengembangkan potensi pendidikan mereka di salah satu pendidikan tinggi terkemuka di Indonesia.

“Tahun ini dua lulusan SMK Telkom Purwokerto bahkan berhasil masuk sebagai mahasiswa kelas internasional. Saya yakin lulusan-lulusan terbaik ini akan menjadi mahasiswa berprestasi, sebagaimana lulusan SMK Telkom lain sebelumnya,” katanya.

Salah satu lulusan terbaik SMK Telkom Malang yang menjadi penerima beasiswa Telkom Foundation di Telkom University adalah Ilham Fahrobi (19). Selain berhasil mempertahankan IPK di atas 3,5, mahasiswa Fakultas Teknik Informatika ini juga mengukir prestasi dengan menjadi “Google Ambassador”, serta meraih Juara 1 Debate Competition dan mengikuti Lomba.(pikiran-rakyat.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.