TEBS Choir Sabet Tiga Gelar Juara

oleh -7 views
Logo Telkom University
Arrief Ramdhani
Logo Telkom University
Logo Telkom University

PADUAN suara telkom economic business scholl (tebs) telkom university sukses meraih tiga penghargaan dalam ajang padua suara bergengsi, 27th international choir competition and festival prague di praha, cekoslovakia, yang berlangsung 31 september hingga 3 oktober 2013.
Penghargaan yang diraih TEBS Telkom University adalah Gold Medal kategori folklore (lagu daerah), Silver Medal kategori mixed (lagu klasik), serta Best Choreography atau penata koreografi untuk seluruh kategori.

Ketua TEBS Telkom University, Enggar Pradipta mengatakan, prestasi diraih setelah tim paduan suara Telkom University mengikuti babak penyisihan guna bersaing dengan 20 kelompok paduan suara lainnya. Mayoritas peserta berasal dari benua Eropa, di mana pada babak akhir kejuaran hanya mempertemukan enam peserta.

“Di babak final kategori Mixed, kami bawakan lagu Imision, Jag Lied, dan Navadly (lagu kebangsaan Ceko,red). Sementara untuk folklore, dibawakan lagu Marencong, Angin Mamiri, dan Seblang Subuh,” ujar Enggar melalui surat elektronik yang dikirim dari Cekoslovakia, Minggu (3/11).

Dia menambahkan, penghargaaan ini terasa sangat bermakna, sebab paduan suara Telkom University menjadi satu-satunya wakil dari Asia sebagai apresiasi atas kemenangan mereka dalam Busan Choir Festival 2012 di Korea Selatan tahun lalu.

Selain itu, tim paduan suara ini menjadi tim terbaik dalam kategori lagu daerah berkat busana baju bodo khas Bugis serta gerakan tari tradisional yang identik dengan kebudayaan asal Sulawesi tersebut.

Ketua Yayasan Pendidikan Telkom Johni Girsang mengungkapkan, kebangaannya atas prestasi tersebut. Terlebih, dalam dua tahun terakhir ini, prestasi internasional ini diraih berturut-turut.

“Hal ini selaras dengan visi kami menjadikan Telkom University sebagai world class university tahun 2017, yang salah satunya bisa diraih dengan internasionalisasi jejaring dan prestasi kami,” ujar Girsang.

Seperti di ketahui, Praga Cantat ke-27 ini merupakan lomba paduan suara tertua kedua setelah European Grandprix yang sudah ke-60 kali lebih digelar. Hal tersebut menandakan event ini telah sering dilakukan dan jadi rujukan. Sehingga atas kemenanangan tersebut, TEBS Choir sudah selangkah kaki masuk European Grandprix, diharapkan nantinya akan lolos seleksi akhir ke lomba paduan suara paling bergengsi sedunia tersebut.

Selain TEBS Choir, peserta dari negara lain di antaranya dari Austria yakni Vokalensemble QuasiSolo, Salzburg dan Kammerchor Vox Cantabilis, Bischofshofen, Ceko (Bubureza, Skautsky smiseny sbor Cantuta, dan Komorni smiseny pevecky sbor Rosa), Prancis (A Fleur de Voix, Bagneres de Bigorre), Jerman (Chor des Neuen Gymnasium Nurnberg), Italia (Coro Monte Calisio, Coro Calicanto, Gruppo vocale Laeti cantores, Coro Santanna), Latvia (Mixed choir of Latvian Universiry Decoro dan University of Latvia mixed choir Dziesmuvara).

Selain TEBS Telkom University, peserta dari Indonesia yang juga pernah menjadi juara di Praga Cantat tahun 2010 adalah Universitas Padjadjaran Choir dan Universitas Airlangga Surabaya, masing-masing untuk satu kategori.(inilahkoran.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.