Tantangan Nulis Buku untuk Dosen Unpad

oleh -49 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

ADA tantangan nulis buku untuk dosen Universitas Padjadjaran (Unpad). Tantangan itu, datang langsung dari Rektor Unpad Prof Ganjar Kurnia.

Ketika meresmikan gedung Bale Pabukon di depan Kampus Unpad Jatinangor, Ganjar memaparkan, keberadaan fasilitas tersebut diharapkan mendorong para dosen menulis buku sekaligus memamerkannya agar dapat dikenal mahasiswa. Selain itu, semakin banyak dosen yang menulis, maka jumlah buku yang ditulis civitas akademika Unpad pun kian bertambah.

banner 728x90

“Selama delapan tahun, Unpad telah menerbitkan sekira 400 judul buku ditulis oleh dosen dan mahasiswa. Unpad juga memberikan insentif kepada yang sudah menulis buku dan jadi. Bahkan kalau bagus bisa kami mintakan insentif juga ke Dikti,” kata Ganjar, seperti dinukil dari laman Unpad, Rabu (1/4/2015).

Nantinya, Bale Pabukon akan menjadi fasilitas toko buku di lingkungan Unpad kampus Jatinangor. Tidak hanya menjual buku, fasilitas ini dapat menjadi tempat diskusi dan berbagai acara pengembangan wawasan keilmuan melalui buku yang dilakukan civitas akademika Unpad.

“Kami memang mempunyai perhatian bahwa buku merupakan jendela dunia. Oleh karena itu, semoga di dunia kampus ini kita semakin dekat dengan buku,” tutur Ganjar.

Sementara itu, Ketua Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Jawa Barat Anwarudin mengapresiasi keberadaan Bale Pabukon dengan mendorong anggotanya turut mengembangkan fasilitas tersebut, terutama dalam distribusi buku.

“Sadar atau pun tidak sadar, seseorang tidak bisa menjadi cerdas tanpa adanya buku,” ujar Anwarudin.

Tidak hanya itu, Ikapi juga memberikan piagam penghargaan “Lifetime Achievement Award” kepada Unpad atas inisiatif mewajibkan setiap mahasiswa baru menyumbang tiga buah buku saat prosesi penerimaan mahasiswa baru (PMB). Buku yang terkumpul kemudian disalurkan ke perpustakaan di daerah.

Sebagai bagian dari rangkaian peresmian Bale Pabukon digelar juga Pesta Buku Diskon 2015 hingga 5 April. Pengunjung bisa berbelanja buku yang disediakan 42 penerbit anggota Ikapi Jabar.

Kemudian, Unpad juga meluncurkan buku Prinsip Dasar Penyusunan dan Penulisan Karya Tulis Ilmiah karya (alm) Prof Avip Saepullah. Istri Avip, Dr Winna, menyerahkan buku karya mendiang suaminya kepada Rektor Unpad Ganjar Kurnia, Rektor Unpad Periode 1982-1990 Prof Yuyun Wirasasmita, dan Rektor Unpad Periode 1998-2007 Prof Himendra Wargahadibrata.(news.okezone.com)