Tangerang Canangkan Gerakan Sekolah Bersih

oleh -5 views
Ilustrasi (kapuas.info)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi (kapuas.info)
Ilustrasi (kapuas.info)

WALI Kota Tangerang Arief R Wismansyah mencanangkan gerakan sekolah bersih dengan menginstruksikan kepada seluruh kepala sekolah untuk mewujudkan lembaga pendidikan berwawasan lingkungan.
Arief di Tangerang, Kamis mengatakan, membangun budaya hidup bersih di lingkungan sekolah merupakan tanggungjawab bersama yang harus disinergikan antara para pendidik, siswa dan orang tua.

Program kebersihan merupakan komitmen Pemerintah Kota Tangerang yang akan terus dilakukan secara berkesinambungan.

banner 728x90

Apalagi program kebersihan ini sangat menunjang terwujudnya kota layak huni (Livable City). Membangun sekolah bersih merupakan sarana yang efektif dan tepat sasaran apalagi anak didik merupakan kader dan generasi yang bisa diharapkan untuk menumbuhkan kesadaran sejak dini.

“Saya minta ajak guru, anak didik dan orang tua untuk terlibat langsung dalam kebersihan melalui gerakan sekolah bersih,” katanya.

Wali kota juga mengajak kepala sekolah untuk merealisasikan program Tangerang Jempol seperti yang telah dilakukan pada saat Festival Tangerang Bersih 2.

Hal ini dapat diwujudkan dengan program sekolah adiwiyata. Maka dari itu para kepala sekolah juga dapat melakukan inovasi untuk kebersihan lingkungan sekolah masing-masing.

Kemudian, ditegaskannya bila penghargaan adipura bukan merupakan target dalam bidang kebersihan. Namun,?yang perlu dilakukan adalah perubahan mindset dan pola hidup anak didik dan masyarakat.

“Jumlah anak yang bersekolah di Kota Tangerang mencapai sekitar 400 ribu anak didik. Bila mereka terus diajarkan tentang pola hidup bersih dan sehat nantinya akan tumbuh mindset dan kesadaran budaya yang sehat,” katanya.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Ivan Yudianto mengatakan, sebanyak 250 kepala sekolah dari delapan kecamatan telah diberikan sosialisasi mengenai gerakan sekolah sehat.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan wawasan komprehenshif? tentang membangun sekolah bersih,” katanya.

Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin menambahkan kepada sekolah untuk terus mendukung program sekolah bersih dalam rangka mendidik siswa untuk membiasakan mengelola sampah dengan menerapkan pola konsep 3 R.(republika.co.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.