Tanamkan Demokrasi, MAN 2 Sukabumi Gelar Pilkada OSIS

oleh -1 views
Pilkada OSIS/DOK. MAN 2 Sukabumi SEJUMLAH siswa MAN 2 Sukabumi mengikuti pemungutan suara pemilihan Ketua OSIS yang dibuat laksana pemilihan kepala daerah.(pikiran-rakyat.com)
Arrief Ramdhani
Pilkada OSIS/DOK. MAN 2 Sukabumi SEJUMLAH siswa MAN 2 Sukabumi mengikuti pemungutan suara pemilihan Ketua OSIS yang dibuat laksana pemilihan kepala daerah.(pikiran-rakyat.com)
Pilkada OSIS/DOK. MAN 2 Sukabumi
SEJUMLAH siswa MAN 2 Sukabumi mengikuti pemungutan suara pemilihan Ketua OSIS yang dibuat laksana pemilihan kepala daerah.(pikiran-rakyat.com)

UNTUK menanamkan jiwa demokrasi di kalangan pelajar, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Sukabumi mengadakan pemilihan ketua OSIS yang digelar layaknya pemilihan langsung kepala daerah (Pilkada).

“Penyelenggara pilkada OSIS adalah Bidang Kesiswaan yang mendesain tata cara dan mekanisme pemilihan ketua OSIS mirip seperti Pilkada dalam tahapan pelaksanaannya,” kata Kepala MAN 2 Sukabumi, Awaluddin Hamzah, Kamis, 29 September 2016.

Hal ini sengaja dibuat agar para siswa memahami sebuah pesta demokrasi merupakan bagian dari kehidupan kelak di masyarakat. “Pilkada OSIS ini diikuti empat pasangan calon yang telah dinyatakan lolos seleksi. Empat pasangan itu yakni Ramdan berpasangan dengan Lasty, Irfan denga Yahgiansyah, Firhan denga SN Faridah dan pasangan Ilyas dengan Widya,” ujarnya.

Sebelum hari pencoblosan dilakukan masa kampanye calon agar dipilih para siswa yang berjumlah 1.175 orang. “Ketika memasuki pemungutan suara ternyata tingkat partisipasi para siswa mencapai 60 persen atau cukup tinggi. Sebab kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan,” katanya.

Keluar sebagai pemenang adalah pasangan calon nomor urut 1 Ramdan dan Lasty dengan meraih suara 454. “Akhirnya Ramdan dan Lasty ditetapkan sebagai ketua dan wakil ketua OSIS yang diserahi tugas untuk menyusun kepengurusannya,” tuturnya.(pikiran-rakyat.com)