Tak Banyak Sekolah Ikut UN Berbasis Komputer

oleh -4 views
Ilustrasi (pikiran-rakyat.com)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi (pikiran-rakyat.com)
Ilustrasi (pikiran-rakyat.com)

MASIH banyak sekolah yang dinilai kurang berani menjadi bagian dari Ujian Nasional Berbasiskan Komputer (UNBK). Padahal, untuk menjadi sekolah UNBK terdapat sejumlah bantuan dari pemerintah pusat.

Dari data di Pemerintah Provinsi Jawa Barat, sebanyak 452 sekolah sudah terdaftar sebagai peserta UNBK. Jumlah ini terdiri 139 SMA, 16 MA, 246 SMK, 48 SMP, dan 3 MTs.

banner 728x90

Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Tinggi Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Dodin Rusmin Nuryadin mengatakan, masih ada sekolah yang kurang keberanian. Ia menunjukkan ada beberapa kota/kabupaten yang terbilang lama berdiri, sekolah yang menjadi pesertanya malah sedikit.

“Padahal kami sudah mendorong mereka untuk bergabung karena diyakini mereka mampu. Selain itu, disediakan juga bantuan dari pemerintah pusat,” ucapnya ketika ditemui “PR Online”, Rabu (3/2/2016).

Menurut Dodin, jika 10 persen saja jumlah SMA yang menjadi peserta UNBK, seharusnya ada sekitar 500 sekolah yang terdaftar. Kendati demikian, jumlah sekolah yang terdaftar sekarang sudah melampaui capaian tahun lalu.

“Tahun lalu, kan, hanya 102 sekolah. Tapi sekarang kenaikannya sampai 450 persen,” ucapnya.

Dodin berharap ke depan, akan ada lebih banyak sekolah yang menjadii peserta UNBK. Dodin meyakini, anggaran dari Kota/Kabupaten mencukupi untuk pengadaan sarana dan prasarana (pikiran-rakyat.com)