Tahun Ini, Ujian SBMPTN Berbasis Komputer

oleh -3 views
Logo SBMPTN
Arrief Ramdhani
Logo SBMPTN
Logo SBMPTN

TAHUN ini, panitia Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 menerapkan metode ujian baru yakni ujian berbasis komputer atau Computer Based Test (CBT). Metode ujian CBT tersebut diimplementasikan sebagai upaya peningkatan teknis ujian.

“Ujian CBT ini hanya untuk kelompok ujian soshum dan saintek. Adapun untuk Paper Based Test bisa untuk semua kelompok ujian, termasuk campuran,” katanya.

Rektor Universitas Padjadjaran Tri Hanggono Achmad menuturkan, CBT digelar di 30 PTN yang ada di 23 kota, 19 provinsi. Untuk implementasi pertama ini, kuota untuk peserta ujian CBT terbatas yakni sebanyak 2.500 mahasiswa.

“Saat mendaftar, mahasiswa memilih metode ujian, apakah PBT atau CBT. Untuk CBT, karena terbatas maka yang lebih dulu mendaftar yang akan mendapatkan kesempatan untuk ujian CBT, sehingga jika kuota (ujian CBT-red) di wilayahnya sudah habis, maka peserta mengikuti ujian PBT,” tuturnya.

Terbatasnya kuota untuk ujian CBT juga dikarenakan ujian untuk SBMPTN dilakukan serentak dalam satu hari. Semua daerah menjalani ujian bersamaan, yakni pada 31 Mei 2016 dengan mengikuti Waktu Indonesia Barat (WIB) pada pukul 9.45-11.45 WIB, atau 10.45-12.45 untuk Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan 11.45-13.45 untuk Waktu Indonesia Timur (WIT).

“Pengembangan metode ini mengikuti perkembangan teknologi pada Ujian Nasional. Keuntungannya dari sisi pengerjaan waktu lebih irit karena tidak perlu menghitamkan jawaban. Selain itu juga menghindari lembar jawaban yang tidak terproses karena kesalahan pengisian identitas atau cara menghitamkan yang tidak sempurna,” ujar Tri.( pikiran-rakyat.com)