Tahun Ini SPK Wajib Laksanakan UN

oleh -5 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

SATUAN Pendidikan Kerjasama (SPK) diwajibkan melaksanakan Ujian Nasional (UN) di tahun 2016 ini. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah mengeluarkan surat edaran tentang Ujian Nasional bagi peserta didik di SPK melalui surat nomor 240/D/TU/2016. Surat Edaran yang sama juga dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) melalui surat nomor 0067/SDAR/BSNP/I/2016.

Sekretaris BSNP Bambang Suryadi menuturkan, tahun ini kewajiban bagi SPK untuk menjalani UN diberikan untuk memfasilitasi siswa agar mendapatkan hak yang sama dengan siswa sekolah lainnya.

“Alasan mendasar kami mewajibkan mereka (SPK-red) menjalani UN bukan untuk membebani. Melainkan kami ingin memberikan layanan dan memperjuangkan hak mereka,” ujarnya ketika ditemui di sela-sela Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2016 di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kemendikbud, Sawangan, Depok, Senin (22/2/2016).

Bambang menjelaskan, tidak semua siswa lulusan dari SPK melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Cukup banyak lulusan mereka yang juga ingin melanjutkan sekolah di tanah air, namun tentunya harus memiliki persyaratan yang diminta seperti nilai ujian nasional.

“Karena perguruan tinggi di kita menggunakan hasil UN sebagai salah satu indikator seleksi masuk perguruan tinggi. Selain itu, dalam penerapan beasiswa juga perguruan tinggi menetapkan agar calon penerima beasiswa itu memiliki nilai mata pelajaran tertentu yang memenuhi standar, dan itu dilihat dari UN,” ucapnya.

Dia menuturkan, SPK melakukan UN tahun ini dengan menggunakan metode berbasis komputer (UNBK). (pikiran-rakyat.com)