Tahun Ini, Pemprov Jabar Ubah 6 PTS Jadi PTN

oleh -3 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

PEMERINTAH Provinsi Jawa Barat berencana mengubah status enam perguruan tinggi swasta (PTS) menjadi negeri pada 2014 ini. Dua di antarannya sudah menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sementara sisanya masih dalam proses.

Keenam PTS yang dinegerikan tersebut adalah Universitas Siliwangi (Unsil), Poltek Negeri Subang, Unsikar Karawang, IPB luar domisili di Sukabumi, Unpad luar domisili di Subang, dan Unswagati Cirebon.

banner 728x90

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menuturkan, pada 2 April 2014 lalu pihaknya sudah mengubah status dua PTS menjadi PTN. “Insya Allah ke depan beberapa PTS akan di-PTN-kan lagi,” tutur Heryawan kepada wartawan di Gedung Sate Kota Bandung, Selasa (22/4/2014).

Menurut dia, PTS yang sudah diresmikan adalah Unsil dan Poltek Subang. Sementara dalam waktu dekat ini Uniskar Karawang akan diremiskan akhir Mei mendatang.

“Kemudian nanti IPB di luar domisili akan dibuat di Sukabumi. Lalu, Unpad di luar domisili di Subang yang lahannya sudah tersedia sekitar 30 hektare,” jelas Heryawan.

Pria yang akrab disapa Aher ini berharap pembebasan lahan di Unswagati bisa berjalan dengan lancar sehingga bulan depan bisa diresmikan. Proses perubahan status Unswagati, lanjut Aher, mengalami kesulitan karena pengadaan lahannya yang tidak mudah.

“Pengadaan lahan 30 hektare ini memang agak sulit,” kata dia.

Tujuan PTN ini, lanjut Aher, agar bisa meningkatkan tingkat partisipasi masyarakat untuk sekolah hingga perguruan tinggi. “PTN ini hadir di mana-mana. Pemerintah akan hadir di mana-mana,” jelas dia.

Heryawan berharap, masyarakat di kawasan Cirebon, Sukabumi, Cianjur, dan Subang akan terwakili dari segi pendidikannya. Sehingga Sumber Daya Manusia (SDM) juga akan terdorong maju.

“Swasta akan lebih maju kalau dinegerikan. Kan dapat anggaran pemerintah,” tutup dia.(inlahkoran.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.