Tahun ini, Mahasiswa S1 Reguler UI Bebas Uang Pangkal

oleh -6 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

DI Tahun Akademik 2013/ 2014, mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Strata Satu (S1) Reguler dibebaskan dari uang pangkal. Ketentuan ini berlaku bagi mereka yang lulus jalur Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI).
Dari 3.125 mahasiswa yang diterima, hanya program Reguler lah yang mendapatkan keringanan ini, yakni berdasarkan subsidi silang dari UI.

Dana tersebut didapatkan melalui bantuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, berupa dana Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).

Mahasiswa Baru (MABA) S1 reguler hanya dikenakan biaya sebesar Rp 100 ribu sampai dengan Rp 5 juta untuk program Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), lalu Rp 100 ribu sampai dengan Rp 7,5 juta untuk program jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Rentab biaya kuliah tersebut didasarkan dengan kemampuan finansial masing-masing orang tua, berdasarkan dengan ketentuan pengajuan Bantuan Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOPB).

Saat ini di sosial media Twitter, para akun resmi Himpunan Mahasiswa (HM) UI sedang menyuarakan #pilihBOPB bagi MABA S1 Reguler. Rencananya pendaftaran ulang bagi MABA S1 Reguler akan dilakukan pada 24-25 Juli mendatang.(republika.co.id)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.