Tahun 2020 SPP SMA/SMK Bakal Gratis?

Wednesday 19 June 2019 , 7:55 AM

Ilustrasi

ADA kabar gembira untuk siswa yang akan meneruskan sekolah ke jenjang SMA/SMK. Rencananya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan menggratiskan biaya Sumbangan Pembangunan Pendidikan (SPP) SMA/SMK mulai 2020. Rencana tersebut segera dibahas dengan DPRD Provinsi Jawa Barat.

Namun untuk menerapkan kebijakan tersebut diakui Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil cukup sulit. menjelaskan, untuk memuluskan rencana tersebut harus ada penghematan anggaran sebesar Rp 2 Triliun, dan mengalihkan pos anggaran ke pendidikan.

“Ya (SPP gratis) itu sedang diwacanakan Insya Allah tahun depan kalau tidak ada halangan,” kata Ridwan kepada wartawan di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa 18 Juni 2019.

Menurut Gubernur Jabar yang akrab dipanggil Emil ini, pihaknya segera membahas bersama DPRD Jabar mengenai rencana tersebut. Ia akan melakukan sejumlah penghematan yang nantinya dialokasikan untuk mensubsidi biaya pendidikan SMA dan SMK.

“Kalau dewan menyetujui kita melakukan penghematan-penghematan, sehingga hasil penghematannya bisa kita alokasikan untuk SPP SMA/SMK negeri dan swasta untuk yang tidak mampu,” ujarnya.

Meski begitu, Emil belum memerinci penghematan tersebut akan dilakukan di sektor mana saja. Ia hanya memperkirakan penghematan mencapai Rp 2 triliun.

“Sekitar dua triliun, makanya berat, tidak mudah,” kata Emil seperti dilaporkan Anthika Asmara, wartawan Galamedia.

Sementara itu menanggapi rencana tersebut ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari menjelaskan, pihaknya akan melihat dana yang nanti dianggarkan oleh Pemerintah Provinsi Jabar. Pasalnya, DPRD Jabar baru menyelesaikan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang).

“Rencana sekolah gratis bagi kita cukup bagus bagi masyarakat, tapi kami tentunya akan melihat kembali kemampuan keuangan daerah di Jabar. Kita akan melihat struktur APBD bagaimana,” kata Ineu.(pikiran-rakyat.com)

 

Comments are closed.