Tahun 2014 Kemendikbud Fasilitasi 216 Komunitas Budaya

oleh -4 views
Kemdikbud
Arrief Ramdhani
Kemdikbud
Kemdikbud

KEBERAGAMAN budaya Indonesia secara sadar atau tidak akan menumbuhkan keberagaman komunitas budaya sebagai salah satu wujud dari pelestarian budaya. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan (Ditjen Kebudayaan) pada tahun 2014 telah memfasilitasi 216 komunitas budaya yang ada di seluruh Indonesia. Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud, Kacung Marijan, pada jumpa pers di Kantor Ditjen Kebudayaan Kemendikbud, Jakarta (12/12).

Kacung mengatakan, program Fasilitasi Komunitas Budaya ini adalah salah satu program prioritas Ditjen Kebudayaan Kemendikbud yang targetnya telah tercapai di tahun 2014. “Melalui anggaran tambahan yang diterima Ditjen Kebudayaan di tahun 2014, program prioritas Fasilitasi Komunitas Budaya telah tercapai sebanyak 216 komunitas budaya dari targetnya di tahun tersebut sebanyak 157 komunitas,” katanya.

banner 728x90

Program Fasilitasi Komunitas Budaya adalah pemberian bantuan sosial dari pemerintah kepada komunitas budaya yang dimanfaatkan untuk revitalisasi, pemberdayaan dan peningkatan kualitas keberadaan komunitas budaya dalam rangka pelestarian budaya. “Bentuk pelestarian budaya itu meliputi perlindungan, pengembangan dan pemanfaatannya,” ujar Kacung.

Program Fasilitasi Komunitas Budaya memiliki tiga tujuan utama. Tujuan pertama adalah merevitalisasi keberadaan komunitas budaya sebagai wujud keragaman budaya. Kedua, memberdayakan komunitas budaya sebagai sarana penguatan karakter dan jati diri bangsa. Ketiga, meningkatkan kualitas keberadaan komunitas budaya dalam rangka pelestarian kebudayaan.

Realisasi program Fasilitasi Komunitas Budaya tahun 2014 ini tersebar hampir di seluruh provinsi di Indonesia. Sebanyak 216 komunitas budaya yang tersebar di 28 provinsi telah mendapat bantuan sosial dari pemerintah. Realisasi program tersebut diberikan kepada 16 komunitas budaya di Jawa Barat, 13 komunitas budaya di Sulawesi Utara, 12 komunitas budaya di Bali, 10 komunitas budaya di Sumatera Utara, 9 komunitas budaya di Jawa Tengah, 9 komunitas budaya di Papua dan sisanya tersebar hampir di seluruh provinsi.(kemdikbud.go.id)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.