Syarat Memilih Program Studi PTN

Friday 27 December 2013 , 3:52 AM
Kemdiknas.go.id

Kemdiknas.go.id

MEMASUKI akhir tahun, siswa SMA/sederajat sebaiknya mulai bersiap mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Sebab, pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) akan dimulai 6 Januari 2014.

Sebelum mengisi PDSS dan mendaftar SNMPTN, pastikan kamu sudah mengetahui jatah program studi yang bisa kamu pilih. Seperti dilansir laman SNMPTN, Selasa (24/12/2013), siswa pelamar bisa memilih maksimal dua perguruan tinggi negeri (PTN). Tetapi, perlu diingat, jika memilih dua PTN, maka salah satu PTN hatrus berada di provinsi yang sama dengan provinsi asalmu atau provinsi terdekat jika di provinsimu belum ada PTN. Jadi, misalnya siswa di Yogyakarta dapat memilih Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) yang berada di Yogyakarta.

Sementara itu, jika kamu hanya memilih satu PTN, maka PTN tersebut bisa berada di provinsi mana pun. Jadi, jika kamu adalah siswa asli Bandung, Jawa Barat, dan hanya ingin memilih satu PTN, maka kamu bisa dan boleh saja hanya memilih Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya di Jawa Timur.

Untuk pilihan program studi, siswa pelamar dapat memilih maksimal tiga program studi. Syaratnya, maksimal hanya dua program studi di satu PTN.

Ingat juga ya, urutan pilihan PTN dan program studi yang kamu tuliskan di formulir pendaftaran menyatakan prioritas pilihan. Jadi jika kamu memilih jurusan Hubungan Internasional di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI dan Universitas Padjadjaran (Unpad), maka kamu akan diseleksi lebih dulu di UI.

Siswa SMK/MAK tidak boleh sembarangan memilih program studi. Mereka hanya boleh memilih program studi yang relevan dan ditentukan oleh masing-masing PTN.
Biar lebih yakin, cek dahulu daftar program studi dan kuota yang disediakan kampus peserta SNMPTN, ya! Simak informasi tersebut di  di laman resmi SNMPTN 2014 selama periode pendaftaran.(kampus.okezone.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published.