Swadana Komite Sekolah untuk Kemajuan Siswa

oleh -6 views
Swadana Komite Sekolah untuk Kemajuan Siswa (prioritaspendidikan.org)
Arrief Ramdhani
Swadana Komite Sekolah untuk Kemajuan Siswa (prioritaspendidikan.org)
Swadana Komite Sekolah untuk Kemajuan Siswa (prioritaspendidikan.org)

“KOMITE sekolah di sini berhasil mengelola infaq harian yang dikumpulkan dari siswa. Alhamdulillah, setiap hari kami bisa mengumpulkan lima ratus hingga enam ratus ribu. Dana tersebut bisa untuk menutupi kebutuhan sekolah yang tidak dibiayai dari Kemenag,” kata Suhardi, Kepala MIN Langon Cilegon yang hadir dalam rapat komite sekolah untuk penyusunan program kerja. Rapat komite sekolah tersebut dibuka oleh Drs. H. Baihaqi Sulaeman selaku ketua komite sekolah.

Komite sekolah MIN Langon Cilegon berasal dari paguyuban kelas yang memiliki hak suara yang berjumlah 54 orang ditambah tokoh masyarakat sekitar dan guru kelas. Setiap tahun komite sekolah mengadakan rapat kerja untuk merumuskan program selama setahun. Hasil program kerja akan menjadi panduan untuk memantau perkembangan sekolah demi kemajuan siswa.

banner 728x90

Keberhasilan komite sekolah dalam mengelola dana terlihat dalam pembangunan rumah asrama santri untuk program pengembangan menghafal Al-Quran. “Selain pembangunan rumah asrama santri, kami berhasil membangun aula terbuka sebagai ruang serba guna siswa yang dibangung secara swadana,” tegas Suhardi.

Suhardi menambahkan dua peran komite sekolah MIN Langon Cilegon yakni meningkatkan peran serta masyarakat dan memantau program kemajuan siswa melalui program kerja tahunan. Komite sekolah ternyata mampu memenuhi harapan orangtua untuk menyelenggarakan program pengembangan menghafal Al-Quran. (prioritaspendidikan.org)