Susun Tugas Akhir, Mahasiswa Boleh Manfaatkan Fasilitas Penelitian di LIPI

Wednesday 03 April 2019 , 4:26 AM

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia

PUSAT Penelitian Geoteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) meluncurkan portal layanan Thesis Market. Selain meneliti, mahasiswa yang menggunakan layanan ini bisa memanfaatkan seluruh fasilitas penelitian di laboratorium yang dikelola Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI.

Kepala Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI Eko Yulianto mengatakan, layanan ini terbuka bagi mahasiswa jenjang S1 hingga S3. Mereka bisa memilih topik riset tugas akhir (skripsi sampai disertasi) beserta bimbingan dari peneliti-peneliti Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI.

“Mahasiswa memilih topik penelitian lalu melengkapi kelengkapan administrasi untuk kemudian mulai bimbingan,” kata Eko melalui siaran pers, Senin 1 April 2019.

Proses pengajuannya dilakukan secara daring melalui geotek.lipi.go.id/thesis-market/index.php.

Eko menjelaskan, mahasiswa yang disetujui bimbingannya akan berstatus sebagai mahasiswa peneliti. Mereka dapat memanfaatkan seluruh fasilitas penelitian di laboratorium yang dikelola Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI. Selain itu, mereka juga bisa turut terlibat dalam aktivitas penelitian lapangan.

“Satu bulan sebelum bimbingan penelitian selesai mereka harus menyelesaikan draft paper riset untuk diterbitkan sebagai jurnal. Status mahasiswa adalah author dan peneliti pembimbingnya sebagai co-author,” terang Eko.

Ia menjelaskan, skema itu memungkinkan mahasiswa dapat memenuhi kewajiban publikasi di jurnal ilmiah yang menjadi syarat kelulusan.

“Kami juga memberikan sertifikat yang bisa digunakan untuk kepentingan akademis maupun untuk pekerjaan profesional,” tutur Eko.

Tahun ini LIPI menyiapkan asrama berkapasitas 150 orang untuk menunjang kegiatan penelitian oleh mahasiswa.(pikiran-rakyat.com)

Comments are closed.