Sukses UN Dimulai dari Sekarang

oleh -2 views
Ilustrasi (lazuardibirru.org)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi (lazuardibirru.org)
Ilustrasi (lazuardibirru.org)

KURANG dari seminggu, pasukan putih abu-abu alias siswa SMA kelas XII akan menghadapi masa ujian nasional (UN). Senin, 15 April mendatang adalah hari pertama ujian penentu kelulusan sekira tiga juta siswa SMA/sederajat.
Pada beberapa hari menjelang UN, setidaknya ada beberapa hal yang bisa dilakukan para peserta UN.

Review pelajaran

Saat ini, seharusnya semua pelajaran yang diujikan saat UN telah rampung dipelajari. Jadi kalaupun masih membuka buku, itu sekadar membaca ulang untuk merefresh materi ujian saja.

banner 728x90

Jaga kesehatan

Menjaga kesehatan menjelang UN memang gampang-gampang susah. Stres sering kali membuat kita ngedrop dan sakit. Apalagi jika ditambah belajar dengan porsi waktu cukup banyak, misalnya sampai bergadang.

Jagalah kesehatan dengan mengatur waktu belajar sebaik-baiknya. Seimbangkan dengan istirahat yang cukup dan makan secara sehat. Jika perlu, minumlah vitamin untuk menjaga stamina.

Istirahat 

Istirahat di sini tidak hanya bermakna tidur delapan jam di malam hari. Pastikan kita mengambil jeda di antara waktu belajar untuk mencegah mumetnya otak. Waktu istirahat ini bisa kita gunakan untuk berjalan-jalan di sekitar rumah, mendengarkan musik, hingga tidur siang. Tapi jangan sampai tidur siangnya kebablasan, ya!

Bersiap 

Enggak ada salahnya mulai menyiapkan semua keperluan saat UN mulai dari sekarang. Coba cek, sudah lengkapkah semua alat tulis yang dibutuhkan saat UN? Biasanya, “peralatan perang” UN berupa pensil 2B, karet penghapus, penyerut pensil, balpoin untuk mengisi daftar hadir, hingga papan alas ujian.

Jangan lupa, simpan kartu ujian di dalam tas agar tidak ketinggalan saat ujian.

Berdoa 

Kalau semua persiapan sudah selesai, lengkapi usaha kita dengan berdoa. Mohon kepada Tuhan agar diberi kelancaran dalam mengerjakan soal UN. Selain itu, berdoa juga akan membuat hati kita tenang. Lagi pula, enggak ada yang perlu ditakuti. Meski pemerintah menyediakan 20 paket soal UN, kita hanya akan mengerjakan satu paket soal, kok.

Nah, sudah siap kan menghadapi UN?.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.