Subang Masih Kurang 4.000 Guru PNS

oleh -13 views
Ilustrasi : newstolitolilipuku.blogspot.com
Arrief Ramdhani
Ilustrasi : newstolitolilipuku.blogspot.com
Ilustrasi : newstolitolilipuku.blogspot.com

KABUPATEN Subang masih mengalami kekurangan tenaga guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebanyak 4.000 orang. Sebab dari kebutuhan ideal guru PNS 10.000 orang, saat ini baru tercatat sebanyak 6.000 orang. Kekurangan guru selama ini masih diisi tenaga sukarelawan.

Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Subang, Kusdinas, Kamis (4/9/2014) di sela-sela Diskusi Terbatas yang digelar Forum Diskusi Wartawan Subang di Dawuan Subang.

Kusdinar mengatakan selain jumlah guru PNS masih kurang, ditambah lagi setiap bulan ada sekitar 20 orang guru yang memasuki masa pensiun. “Jumlah total pegawai di sekolah-sekolah yang PNS totalnya mencapai 8.000 orang itu termasuk tenaga edukatif dan administrasi. Sedangkan khusus guru jumlahnya hanya 6.000 orang. Kebutuhan guru PNS untuk sekolah dasar 3.000 orang, SMP 500 orang, dan SMA/SMK 500 orang,” katanya.

Dijelaskannya beberapa contoh sekolah yang jumlah guru PNS nya minim, yaitu SMKN Cipendeuy yang sudah lama berdiri siswanya sebanyak 300 orang, tetapi jumlah guru PNS hanya lima orang, dan SMK di Legonkulon guru PNSnya hanya dua orang. Namun demikian kegiatan belajar mengajar tetap berjalan. Sebab kekurangan guru itu bisa dipenuhi oleh para guru tenaga sukarelawan.

“Jadi kami sangat berterima kasih dengan keberadaan tenaga guru sukwan ini. Berkat mereka kekurangan guru bisa teratasi, dan kegiatan belajar mengajar bisa berlangsung,” ujarnya.

Dikatakan Kusdinar, peran penting tenaga guru sukwan ini perlu mendapat apresiasi. Pasalnya apabila dilihat dari sisi pendapatan mereka terbatas, tetapi bisa melaksanakan tugas. Selama ini tenaga sukwan honornya mengandalkan dana BOS. Sedangkan bantuan di pemkab Subang mereka mendapat tunjangan lokal dengan nilai bervariasi antara Rp 100 ribu hingga Rp 300 ribu. Itupun untuk tahun ini hanya untuk delapan bulan.(pikiran-rakyat.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.